Lihat ke Halaman Asli

KKN57 Dawuhan

mahasiswa

Pelatihan E-Commerce melalui Shopee dan Instagram bersama Karang Taruna Usaha Bakti di Balai Desa Dawuhan

Diperbarui: 14 Februari 2023   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kegiatan Pembuatan Akun dan Pelatihan E-Commerce yang dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Februari 2023 di Balai Desa Dawuhan, Kec. Pilangkenceng, Kab. Madiun dengan mengangkat judul "Pelatihan E-Commerce melalui Shopee dan Instagram bersama Karang Taruna Usaha Bakti di Balai Desa Dawuhan" yang disampaikan oleh Anggun Diah Ayu Miranti dan Wahyu Puri Antika mahasiswa kelompok 57 KKN-T UNIPMA. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN menjelakan cara kerja, keuntungan yang didapat setara dengan pemasaran secara online serta pendampingan pembuatan akun Shopee bersama karang taruna Usaha Bakti.

Pelatihan yang pertama, disampaikan oleh Anggun Diah Ayu Miranti yaitu pelatihan pembuatan akun sekaligus pengoperasian shopee. Dalam pelatihan ini, karang taruna diberikan tutorial  pembuatan akun, pengoperasian jual beli, melihat pesanan yang masuk, mencetak resi pesanan, melihat saldo, dan menarik saldo pendapatan yang masuk pada akun shopee. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta wawasan kepada masyarakat khususnya Karang Taruna mengenai pembuatan akun shopee serta pengoperasian penjualan produk UMKM melalui marketplace.

Dok. pribadi

Pelatihan selanjutnya disampaikan oleh Wahyu Puri Antika, yaitu pelatihan pembuatan dan penggunaan akun Instagram. Pada pelatihan ini, karang taruna diberikan pelatihan bagaimana membuat dan menggunakan akun Instagram sebagai media penunjang dalam penjualan produk. Selain itu karang taruna juga diarahkan bagaimana agar akun Instagram tersebut dapat menarik konsumen, dengan cara memperhatikan setiap foto atau video produk yang akan di posting, serta deskripsi yang jelas agar pembeli mengetahui produk apa yang dijual. Pelatihan ini bertujuan agar Karang Taruna dapat mempromosikan produk UMKM melalui Instagram, karena pemasaran produk UMKM tidak hanya melalui shopee saja, namun Instagram juga dijadikan sebagai media promosi dalam memperkenalkan sebuah produk yang di pasarkan melalui akun shopee.

Dok. pribadi

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Karang Taruna Usaha Bakti dapat  mempromosikan dan menjualkan produk UMKM dengan cara yang menarik sesuai dengan trend pasar saat ini. Sehingga pemasaran produk tidak hanya di lingkup desa dan kecamatan saja, namun agar dapat dikenal banyak masyarakat di berbagai daerah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline