Lihat ke Halaman Asli

kkn54kel8bejiruyung

mahasiswa kkn

Mahasiswa KKN UIN SAIZU dan UIN GUSDUR Desa Bejiruyung Berhasil Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Barang yang Bernilai Estetis dan Ekonomis

Diperbarui: 5 Agustus 2024   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kkn54kel8desabejiruyung

Bejiruyung, 04 Agustus 2024

kkn54kel8desabejiruyung

kkn54kel8desabejiruyung

Kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan kegiatan Workhshop “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Kresek Menjadi Penghias Ruangan dan Taman” di Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen pada hari Minggu (04/08/2024).

Kegiatan ini diadakan melalui Program Pengabdian Mahasiswa yang diintegrasikan dengan Program KKN Kolaborasi Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto dan UIN Gusdur Pekalongan. Sosialisasi ini dilaksanakan di aula Balai Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen dengan peserta ibu-ibu PKK Desa Bejiruyung. Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber dari Kelompok Daur Ulang Sampah (Pokdus) yaitu Ria Susanti yang akrab disapa Bunda Rere, Rosanti dan Wiwin.

Dalam sambutannya ketua kelompok 8, Danung Rizki Nur Ikhsan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam mengolah sampah plastik terutama sampah plastik kresek sehingga dapat memiliki nilai estetis dan ekonomis. Sejalan dengan hal tersebut, dalam sambutan Ketua PKK Desa Bejiruyung, Ibu Minarsih mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN  yang telah mengadakan kegiatan ini sehingga ibu-ibu dapat mengurangi sampah rumah tangga khusunya sampah plastik kresek. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa membantu mendukung target jangka panjang dari pemerintah yaitu 2040 terbebas penuh dari sampah plastik.

Bunda Rere selaku narasumber utama memulai kegiatan ini dengan menjelaskan bahwasanya waktu luang ibu rumah tangga bisa dimanfaatkan dengan melakukan daur ulang sampah rumah tangga yang salah satunya sampah plastik menjadi barang yang lebih bernilai, misalnya membuat bunga dari plastik. Pada acara tersebut, Bunda Rere mempraktikkan tata cara pembuatan bunga dari plastik dimulai dari menyiapkan dan mengelompokkan plastik bekas sesuai dengan jenis warna dan ukurannya. Selanjutnya plastik-plastik yang telah dikelompokkan tersebut dipotong kedua ujungnya atas dan bawah sehingga membentuk persegi panjang dan ditumpuk sebanyak tiga atau empat lapisan. Langkah ketiga, siapkan kalender bekas dan panaskan setrika lalu letakkan lapisan plastik yang telah disiapkan diantara lembaran kalender bekas. Berikutnya, setrika plastik tersebut hingga saling menempel satu sama lain dan berubah tekstur menjadi lebih kaku.

Langkah selanjutnya, potong lembaran plastik menjadi bentuk persegi dengan ukuran yang diinginkan lalu lipat dan bentuk menyerupai tisu prasmanan. Gunting lipatan tersebut membentuk pola bunga dengan cara melengkung dari ujung ke ujung. Lakukan langkah tersebut sehingga didapatkan beberapa pola bunga yang dibutuhkan. Susun pola bunga menjadi bentuk bunga yang sempurna dengan merekatkannya menggunakan lem tembak. Buatlah pola daun dari lembaran plastik berwarna hijau. Siapkan kawat berukuran 25 sampai 30 cm dan dibalut dengan plastik untuk membuat tangkai. Rangkai bunga dan daun menjadi satu tangkai. Langkah terakhir, tempatkan bunga pada pot yang dapat dibuat dari gelas plastik bekas yang diisi dengan kerikil.

Dalam kegiatan kali ini, ibu-ibu PKK dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Mereka sangat antusias dalam mempraktikkan langkah demi langkah pembuatan bunga plastik yang diinstruksikan oleh narasumber sehingga dihasilkan berbagai macam bunga plastik yang sangat cantik. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber dan sesi foto bersama dengan memamerkan hasil karya mereka masing-masing.

Penulis: Kelompok 8 KKN 54 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen Tahun 2024.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline