Lihat ke Halaman Asli

KKN 52 GUNUNG ANYAR TAPEN

Mahasiswa KKN Universitas Jember

Menggandeng Bidan Desa, KKN 52 Sosialisasikan Ekstrak Sereh Wangi sebagai Alternatif Spray Anti Nyamuk

Diperbarui: 8 Februari 2023   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Desa Gunung Anyar merupakan salah satu Desa penyumbang Demam Berdarah No. 2 Se Kecamatan Tapen. Maka dari itu, kelompok kkn 52 bergerak untuk mensosialisasikan ekstrak sereh wangi sebagai alternatif spray antinyamuk yang dapat dibuat dengan muda, dan pratis untuk dibawa kemana saja. Menurut saran dari Ibu Ida sebagai Kepala bidan di Desa Gunung Anyar, sebaiknya sosialisasi ini dilakukan pada saat posyandu balita dan lansia selesai dilaksanakan. Mengikuti saran dari ibu bidan, sosialisasi proker ini dilaksanakan pada saat posyandu balita, dan lansia di Dusun Kobunduh pada hari Kamis, 19 Januari 2023 Pukul 09.00 wib s/d selesai.

Kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi terhadap warga bahwa tanaman sereh yang banyak ditemui dipekarang rumah dapat menjadi alternatif anti nyamuk, karena tanaman sereh memiliki kandungan  zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot. 

Hasil dari sosialisasi yang diperoleh oleh kelompok kami yaitu, antusias warga yang ingin mencoba ide ini untuk anti nyamuk yang mudah, dan murah. Lalu apresiasi dari perangkat Desa, dikarenakan penanganan Demam Berdarah seperti Fogging sudah tidak efesien digunakan dikarenakan obat susah didapat dan nyamuk tidak 100% mati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline