Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 172 Pakusari

Universitas Jember, Universitas dr. Soebandi, Universitas Muhammadiyah Jember, Akademi Farmasi Jember.

Mau Durian? Kunjungi Desa Pakusari Jember

Diperbarui: 5 Agustus 2022   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Anda penikmat durian? Desa Pakusari Jember Jawa Timur salah satu sentra penjualan beragam jenis durian. Sepanjang jalan menuju arah Banyuwangi, tepatnya di sekitar lapangan sepak bola dan SPBU Pakusari, Anda bisa temui lapak pedagang durian. Jenisnya beragam ada montong dan lokal. Salah satunya di Rumah Durian. Selain di lapak, para pedagang juga menjual ke berbagai kota besar seperti Jakarta.

Komoditas andalan Desa Pakusari itu panen di bulan Pebruari hingga Juli. Jika panen raya tiba, harganya akan murah meriah. Durian lokal dibandrol Rp 10.000 hingga Rp 75.000 per buah bergantung besar kecil durian. Sedang untuk durian montong dibandrol Rp 55.000 per kilogram. Omset yang didapat setiap hari, sekitar 2-4 juta. Untuk menambah omset, pedagang juga menjual produk olahan buah durian seperti Keripik Biduan dari biji durian dan Jus kulit durian. Pedagang juga menjual bibit durian. Pedagang durian Desa Pakusari ini sudah berjalan 30 tahun lebih secara turun temurun. Namun mereka mengaku belum bisa mengoptimalkan komoditas andalan itu lantaran keterbasan sumber daya manusia.

Kami, mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 172 (Universitas Jember - Working In Harmony Nurturing The Future, Universitas Muhammadiyah Jember, Akademi Farmasi Jember, Universitas dr. Soebandi), didampingi dosen pembimbing lapang, Agus Ainul Yaqin M.S, S.Pd, M.I.Kom dari Universitas Islam Jember mendata dan membantu promosi melalui media online dan media sosial agar omzet pedagang semakin meningkat.

Dokpri

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline