Lihat ke Halaman Asli

KKN DESA PANDANREJO

KKN Universitas Negeri Malang 2021

Pelatihan Pembuatan Teh Stroberi, Teh Stroberi Jahe, dan Stroberi Celup oleh KKN UM Desa Pandanrejo

Diperbarui: 21 Juni 2021   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama dengan peserta Pelatihan

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unversitas Negeri Malang di Desa Pandanrejo telah melaksanakan Program Kerja Perdana yaitu "Pelatihan Pembuatan Teh Stroberi, Teh Stroberi Jahe, dan Stroberi Celup" pada hari Minggu, 20 Juni 2021, bertempat di rumah Ibu Gunarsih, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putri dengan peserta pelatihan yaitu perwakilan Ketua Dusun Pandan, Ketua RW 09, 10, dan 11, serta anggota KWT Melati Putri dengan total peserta sejumlah 15 peserta. Acara telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.

Acara dimulai pukul 16.00 sampai pukul 17.00 WIB dan dibawakan oleh Fransiska Sofiana, diawali dengan sambutan dari Koordinator Desa Rizky Ramadhan, penyampaian materi yaitu latar belakang pembuatan produk dan manfaat yang terkandung dalam produk oleh Muhamad Rizki, dan dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan produk oleh penanggung jawab program kerja, Cahya Jendra. Pada akhir acara dilaksanakan sesi foto bersama antara panitia dengan peserta pelatihan. Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun serta pemberian masker dan hand sanitizer kepada seluruh peserta pelatihan, dan tidak lupa juga pembatasan orang yang ada didalam ruangan tidak lebih dari 20 orang.

Demonstrasi Pembuatan Teh Stroberi, Teh Stroberi Jahe, dan Stroberi Celup

Produk teh stroberi, teh stroberi jahe, dan stroberi celup ini memiliki khasiat seperti Meningkatkan Fungsi Jantung dan otak, Menurunkan Berat Badan, Membantu Membuang Racun, Meningkatkan Imunitas Tubuh, Menenangkan, Mengatasi Masalah Pencernaan, anti peradangan, dan dapat mengurangi mual. Sedangkan latar belakang kami membuat produk ini dikarenakan sebagai berikut: (1) Desa Pandanrejo adalah desa penghasil Stroberi & mayoritas masyarakatnya bertani Stroberi; (2) Meningkatkan nilai ekonomis Stroberi ketika harganya turun saat panen raya dan stok melimpah; (3) Meningkatkan inovasi terhadap produk olahan Stroberi; (4) Mengandung banyak manfaat bagi Kesehatan; dan (5) Sebagai solusi produk bagi stroberi yang terlalu matang dan tidak laku di pasaran.

Produk ini terinspirasi dari produk yang telah dikembangan oleh saudara Cahya Jendra sebelumnya, yaitu Teh Rodamin (Rosella Daun Mint). Hanya saja, bahan campuran Rosella dan Daun Mint diganti dengan Stroberi agar menyesuaikan dengan komoditas utama desa Pandanrejo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline