Lihat ke Halaman Asli

KKN 37 KLABANG

Mahasiswa Universitas Jember

40 Hari Bersama KKN UMD 37 di Desa Klabang

Diperbarui: 24 Agustus 2023   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Senin, 12 Juli 2023, Kelompok 37 yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Periode II TA 2022/2023 resmi diterjunkan di Desa Klabang, Kec. Klabang, Kab. Bondowoso. Pada minggu pertama Kelompok 37 melakukan survey lanjutan di Desa Klabang dan mendapati adanya Sumber Air Bersih yang berlokasi di Dusun Krajan. Dengan adanya informasi tersebut, Kelompok 37 berinisiatif untuk meluncurkan berita terkait adanya Sumber Air Bersih di Desa Klabang pada kanal Kompasiana. Kegiatan pada minggu pertama disusul dengan pengumpulan Limbah Cair dari pabrik tahu yang menjadi program kerja utama Kelompok 37 selama KKN untuk diolah kembali menjadi Pupuk Organik Cair dengan tambahan EM4. Tak lupa, Kelompok 37 juga mempersiapkan media uji coba dengan menggunakan bibit Pakcoy.

Kegiatan pada minggu kedua berfokus pada program kerja primer dan sekunder. Pada program kerja primer, kegiatan harian mencakup pemenuhan kebutuhan Pupuk Organik Cair dengan menambahkan air kelapa ke dalam cairan Limbah Tahu dan Trial Error dalam pembuatan Tahu Susu. Sedangkan untuk program kerja sekunder, Kelompok 37 melakukan pemetaan UMKM yang tersebar di Desa Klabang melalui Google maps serta melakukan Sosialisasi “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah” pada lansia yang mengikuti kegiatan Posyandu di RT 14.

Pada minggu ketiga, Kelompok 37 mengadakan rangkaian kegiatan sosialisasi dengan tema yang beragam. Pada 24 Juli, Kelompok 37 mengadakan sosialisasi “Cara Menggosok Gigi Yang Benar” bersama dengan adik-adik PAUD Klabang dan dilanjutkan dengan sosialisasi "Penanganan Hama Tikus" untuk menjawab kegelisahan para petani bersamaan dengan pembagian bibit kepada Kelompok Tani di Balai Desa Klabang. Kemudian, 26 Juli bersama dengan siswa/i SD Klabang, Kelompok 37 melakukan sosialisasi “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah” dengan mengedukasi cara mencuci tangan dengan benar serta pentingnya mengonsumsi jajanan sehat dan menjaga kebersihan sekitar.

Minggu keempat diisi dengan persiapan Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Klabang dan Trial Error pembuatan Tahu Susu. Minggu selanjutnya, Kelompok 37 mulai melakukan penyaluran Pupuk Organik Cair dari Limbah Cair Tahu kepada Kelompok Tani Desa Klabang dan memberikan pemahaman terkait cara pengolahan, penggunaan, serta manfaat dari Pupuk Cair Organik. Kemudian disusul dengan Pelatihan Inovasi Olahan Tahu Susu bersama anggota pengajian yang bertempat di Balai Desa Klabang. Pada minggu terakhir, Kelompok 37 bekerjasama dengan SMKN Klabang dalam sosialisasi “Stop Pernikahan Dini” untuk memberikan edukasi terkait pentingnya pernikahan cukup usia serta memberikan motivasi pada Siswa/i SMKN Klabang untuk melanjutkan kuliah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline