Lihat ke Halaman Asli

KKN Sukowilangun2021

KKN UM SUKOWILANGUN 2021

Cooking Show Olahan Bahan Pangan Komoditas Lokal Ikan Nila sebagai Pemberdayaan Ibu-ibu PKK Desa Sukowilangun

Diperbarui: 4 Juli 2021   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Malang – Desa Sukowilangun merupakan daerah yang memiliki Sumber Daya Alam melimpah, tidak hanya di komoditas pertanian melainkan juga memiliki potensi dalam bidang perikanan. Desa Swadaya ini memiliki potensi perikanan yang unggul, ikan yang sangat digemari masyarakat disitu yaitu ikan Nila. Ikan Nila apabila diolah dengan cara benar dan segar maka akan menghasilkan produk - produk olahan makanan dengan cita rasa yang ciamik sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Potensi komoditas ikan nila merupakan salah satu sumber perekonomian bagi masyarakat Desa Sukowilangun. Adanya pengembangan lebih lanjut olahan ikan nila dapat meningkatkan nilai ekonomis bahan tersebut, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat lebih meningkat. Namun, sampai saat ini belum ada inovasi untuk pengolahan lebih lanjut dari komoditas ini.

Mahasiswa kkn yang berada di desa sukowilangun memiliki satu program kerja yang bertujuan untuk memberikan inovasi pengolahan bahan pangan komoditas ikan nilan ini yang diwujudkan dalam acara “Cooking Show Olahan Bahan Pangan Komoditas Lokal (Ikan Nila) sebagai Pemberdayaan Ibu PKK Desa Sukowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang”. Acara ini diselenggarakan pada 22 Juni 2021, bertempat di Kantor Desa Sukowilangun yang dihadiri oleh ibu ibu PKK Desa Sukowilangun.

Menu olahan yang diangkat pada acara tersebut adalah Dimsum Ikan Nila yang meliputi Siomay Ikan Nila, Ikan Goreng Rambutan, dan Fish Roll Ikan Nila. Menu tersebut berbahan dasar ikan nila dan beberapa bahan pendukung lain seperti tepung sagu, putih telur, bawang putih, minyak wijen dan bumbu pelengkap yang lain. 

Menu olahan tersebut memiliki banyak kelebihan yaitu dapat dijadikan frozen food, mengatasi Gerakan tutup mulut (GTM) bagi anak anak karena olahan tersebut sesuai dengan selera anak anak, serta menu tersebut dapat menjadi salah satu ide memasak untuk ibu-ibu PKK Desa Sukowilangun untuk meningkatkan nilai ekonomis ikan nila. 

Antusias dari ibu-ibu pkk melebihi ekspektasi terbukti dari aktifnya ibu-ibu pkk dalam memperhatikan step by step cooking show yang di demonstrasikan oleh mahasiswa kkn (Kartika Nailatul dan Vina Yuliana ). “dari adanya acara ini kita sebagai ibu rumah tangga dapat mengetahui dan mengkreasikan olahan ikan nila yang melimpah di daerah ini, saya sangat senang dengan adanya acara ini. Terimakasih kepada mahasiswa kkn yang telah memberikan ilmu kreasi olahan ikan yang juga dapat mimiliki nilai jual jika dijadikan usaha” ujar ibu beti selaku peserta cooking show.

Penulis: Kartika Nailatul Hidayah (S1 Pendidikan Tata Boga)

Editor: Timotius Satrio Prasojo (S1 Pen. Administrasi Perkantoran)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline