Lihat ke Halaman Asli

KKN 375 UNEJ

Universitas Jember

Kelompok KKN 375 UNEJ Membantu Petani Desa Kaligedang Menanam Kubis

Diperbarui: 29 Juli 2022   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Kaligedang merupakan sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Ijen Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso dimana Desa Kaligedang sendiri merupakan salah satu desa dimana mayoritas penduduknya  berprofesi sebagai petani. 

Desa Kaligedang sendiri memiliki lahan pertanian yang sangat luas dimana kesuburan tanah di Desa Kaligedang sangat bagus untuk lahan pertanian. Terdapat beberapa jenis sayuran yang ditanam oleh petani diantaranya kubis, kentang, sawi, dan sayur mayur lainnya.  Dalam kesehariannya penduduk Desa Kaligedang menghabiskan banyak waktunya dilahan pertanian (ladang).

KKN Tematik ini bertujuan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan oleh mahasiswa untuk masyarakat dan memberikan dampak kepada masyarakat sekitar dengan adanya KKN UNEJ TEMATIK UMD TA 2022 di Desa Kaligedang. Hadirnya mahasiswa KKN UNEJ TEMATIK UMD TA 2022 diharapkan menciptakan harapan bagi warga sekitar untuk membangun Desa Kaligedang menjadi lebih baik dan maju.

Dokpri

 

Demi mewujudkan harapan tersebut, kami berbaur dan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa, seperti menanam kubis. Kegiatan menanam kubis oleh petani desa mulai pagi hingga siang hari. Lahan kubis di Desa Kaligedang cukup luas, sehingga kubis  sendiri merupakan salah satu hasil panen terbesar di desa tersebut. Kami cukup senang saat mendapat kesempatan untuk belajar dan mengenal proses penanaman kubis bersama para petani desa 

Dari kegiatan ini kami mendapatkan ilmu seperti perlunya mengetahui bibit mana yang layak ditanam, posisi dan jarak penanaman bibit, proses penyiraman dan perawatan, serta kami juga mengetahui hama yang merugikan petani kubis seperti siput.
Para petani desa juga membantu kami memberikan informasi mengenai potensi desa dan hal ini merupakan kesempatan kami untuk berbaur dengan masyarakat

2c4a1d12-0070-47b5-9ae0-dec5562fad2f-62e3bcc7a51c6f1876521d42.jpg

Menurut kami kegiatan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan juga membuat kami sadar bahwa sebagian besar peduduk Indonesia merupakan petani. kami berharap dari kegiatan ini kami bisa berperan di bidang pertanian ke depannya.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline