Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Pendampingan Sasaran, Kelompok KKN 371 Tematik UMD 2021/2022 di Desa Jatisari

Diperbarui: 19 September 2022   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan kepada anak SDN Jatisari

Pada minggu ketiga dan  minggu keempat, kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN 371 Tematik UMD 2021/2022 Universitas Jember adalah pendampingan kepada sasaran siswa SD,SMP, SMA dan masyarakat Dusun Cepok Timur Desa Jatisari. Kegiatan pertama yakni pendampingan pada  siswa kelas 5 di SDN Jatisari dengan topik utama yaitu "Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran". Pada hari pertama yang kami lakukan yaitu penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran, dimana kami melakukan pendampingan dengan cara membagi sasaran menjadi kelompok kecil. Kelompok yang sudah dibagi diberi fasilitas berupa 1 buah laptop. Kemudian sasaran dibimbing untuk menggunakan aplikasi zoom dan dikenalkan dengan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi zoom seperti microphone, kamera, chat dan emoticon. Setelah itu, sasaran dibimbing untuk menggunakan aplikasi zoom dan mempraktikkan fitur-fitur yang ada dalamnya. Adapun kendala yang dialami pada saat pendampingan penggunaan aplikasi zoom yaitu kendala jaringan internet dan keterbatasan laptop.

Pada hari kedua yang kami lakukan yaitu penggunaan teknologi yang baik dan sehat, dimana dalam kegiatan ini kami juga membagi sasaran menjadi kelompok kecil. Setelah itu sasaran diberi fasilitas berupa 1 buah laptop untuk materi dan mempraktikkan bagaimana tips and trik penggunaan teknologi yang aman untuk kesehatan mata dengan menerapkan metode 20/20/20. Sedangkan pada hari ketiga yang kami lakukan yaitu  penggunaan teknologi dalam bidang pembelajaran, dimana dalam kegiatan ini kami menggunakan aplikasi duolingo untuk belajar bahasa inggris.  Kami membagi sasaran menjadi kelompok kecil, setelah itu sasaran diberi fasilitas berupa 1 buah handphone. Sasaran dibimbing untuk mengunduh aplikasi duolingo, setelah itu membuka aplikasi duolingo yang sudah terunduh dan memperkenalkan fitur-fitur yang ada didalamnya. Kemudian, sasaran dibimbing untuk mengerjakan soal-soal bahasa inggris yang tersedia.  

Kegiatan kedua yang kami lakukan adalah pendampingan pada siswa SMP dan SMA dengan topik "Penggunaan Teknologi Untuk Pengembangan Kewirausahaan". Pada kegiatan ini kami melakukan pendampingan dalam penggunaan aplikasi canva. Sasaran dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi fasilitas berupa 1 buah laptop. Kemudian sasaran dibimbing untuk menggunakan aplikasi canva dan dikenalkan dengan fitur-fitur yang ada dalamnya. Setelah itu, sasaran diberi game untuk membuat flayer kewirausahaan dengan menggunakan aplikasi canva. Adapun kendala yang dialami pada saat pendampingan penggunaan aplikasi canva yaitu kendala jaringan internet, keterbatasan laptop dan keterbatasan fitur-fitur yang berbayar.

Pendampingan kepada anak SMP Islam Darul Fikri

Kegiatan ketiga yang kami lakukan adalah pendampingan pada masyarakat Dusun Cepok Timur Desa Jatisari khususnya generasi milenial dengan 3 materi, yaitu Pemetaan Lokasi Usaha, Pemanfaatan Sosial Media Untuk Wirausaha dan Digital Marketing. Pada materi pertama sasaran dibimbing menggunakan aplikasi google maps untuk menambahkan lokasi bisnis sehingga sasaran dapat mencobanya secara langsung dan dapat bertanya jika mengalami kesulitan. Kemudian, materi kedua dan ketiga sasaran dibimbing menggunakan aplikasi shopee, tokopedia, instagram serta whatsapp supaya sasaran dapat mengetahui cara pemasaran atau promosi suatu barang, produk dan jasa dengan  media digital. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline