Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Monitoring serta Evaluasi Sasaran terhadap Program Kerja KKN 371 Tematik UMD 2021/2022

Diperbarui: 19 September 2022   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan monitoring terhadap siswa SDN Jatisari. Dokpri

Kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok KKN 371 Tematik Universitas Jember UMD 2021/2022 pada minggu keempat dan kelima adalah monitoring dan evaluasi pada kegiatan yang telah dilakukan pada minggu kedua dan ketiga. Pada kegiatan pertama yakni pendampingan pada siswa kelas 5 di SDN Jatisari monitoring dilakukan dengan cara memberikan kuis pada sasaran. 

Sasaran pada kegiatan pertama dapat menjawab kuis yang diberikan dengan benar. Selain itu, sasaran dapat mengoperasikan dan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi zoom dan duolingo. Evaluasi yang diberikan pada sasaran berupa arahan dan solusi cara menggunakan aplikasi zoom dan duolingo secara maksimal. 

Selain di SDN Jatisari, kegiatan yang dilaksanakan pada minggu keempat adalah memonitoring dan mengevaluasi capaian hasil pengabdian KKN di SMP Islam Darul Fikri dan SMA Darul Fikri mengenai pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini dan juga penggunaan aplikasi canva dalam berwirausaha. 

Kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan melalui pemantauan dari akun media sosial. Sasaran pada kegiatan yang telah dilakukan sasaran cukup mampu merancang pelayanan kreatif dan pengembangan usaha dalam penggunaan aplikasi canva.

Tujuan evaluasi ini dilakukan adalah untuk mengetahui penggunaan teknologi dalam hal smartphone. Sasaran perlu lebih sering dan banyak belajar agar lebih mahir dalam pengoperasian dan penggunaan aplikasi canva. Evaluasi dan monitoring kegiatan dilaksanakan guna mengetahui keberhasilan kegiatan yang telah dilakukan pada program KKN. 

Dengan adanya program ini diharapkan jiwa kewirausahaan pada remaja mulai tumbuh dan dapat menggunakan aplikasi canva dalam berwirausaha untuk memberikan pelayanan yang inovatif, kreatif dan berkualitas dan dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual. 

Melihat dari evaluasi dan monitoring yang telah dilaksanakan, peluang-peluang impact yang dapat diperoleh secara signifikansi yakni banyaknya tanggapan positif dari para siswa dan siswi terkait dengan kewirausahaan dan juga penggunaan aplikasi canva.

Dan kegiatan terakhir yang kelompok kami lakukan adalah evaluasi dan monitoring sasaran setelah sebelumnya melakukan kegiatan penyuluhan di Dusun Cepok Timur, Desa Jatisari, Kabupaten Bondowoso. 

Penyuluhan yang kami lakukan adalah mengenai cara pengaplikasian social media, teknik digital marketing menggunakan aplikasi Shopee, Tokopedia, Instagram, Whatsapp Business, hingga Pemetaan Lokasi bersama dengan komunitas "Melek Teknologi" yang ada di Dusun Cepok, Desa Jatisari. 

Monitoring terhadap masyarakat Desa Jatisari. Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline