Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Pelaksanaan Program Kerja oleh Kelompok KKN Tematik UMD di Desa Jatisari Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso

Diperbarui: 21 Agustus 2022   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persiapan pembuatan materi pelatihan (Dokpri)

Kelompok KKN Tematik UMD 2021/2022 Universitas Jember melakukan kegiatan program kerja dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh LP2M pada minggu ke 2 dan 3. Kelompok KKN 371 melaksanakan pogram kerja dilakukan dengan generasi muda sebagai sasaran kegiatan. Pada pelaksanaan program kerja tersebut terbagi ke dalam empat minggu, dimana setiap minggunya terdapat fokus kegiatan tersendiri. 

Kegiatan pada minggu pertama adalah mengumpulkan dan mempelajari data potensi desa, melakukan perkenalan dengan sasaran, mendiskusikan permasalahan dengan sasaran generasi muda, mendiskusikan dengan sasaran terkait dengan program mengatasi permasalahan yang dihadapi sasaran, mendiskusikan dengan sasaran terkait dengan program kerja KKN guna mengatasi permasalahan yang dihadapi sasaran tersebut.

Berdasarkan informasi serta data yang didapat, diperoleh bahwa masih kurang dalam penggunaan teknologi khususnya di bidang kewirausahaan dan di bidang pembelajaran. 

Hal ini disebabkan karena pada pelaksanaan wirausaha dan pembelajaran masih dilakukan secara offline yang mana ini tidak salah namun dalam kondisi saat akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi dan kami merasa hal tersebut menghambat dalam pengembangan pembelajaran dan kewirausahaan,sehingga mereka kesulitan menghadapi dampak dari kemajuan teknologi yang sangat cepat, untuk membantu dan mempermudah dalam melaksanakan program kerja, maka disusunlah materi pelatihan yang akan dijadikan sarana pelatihan kepada sasaran.

Di minggu kedua dan minggu ketiga, kami melakukan kegiatan pelatihan dan pemaparan materi ke SDN Jatisari. Dengan topik utama yaitu “Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran”. Yang mana pada kegiatan penyuluhan terdapat tiga topik utama yaitu: ( a ) Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran, ( b ) penggunaan teknologi yang baik dan sehat , dan ( c ) pemanfaatan teknologi dalam bidang pembelajaran. Pelatihan ini dikemas dengan cara yang menarik dan menyenangkan, supaya sasaran yang mana berusia kurang dari 12 tahun dapat memahami pemaparan dengan mudah.

Pelatihan kepada siswa SDN Jatisari  (Dokpri)

Selanjutnya kami melakukan pelatihan dan pemaparan materi ke SMP Islam Darul Fikri dan SMA Darul Fikri yang berada di Desa Jatisari. Dengan topik utama yaitu “penggunaan teknologi untuk pengembangan kewirausahaan” dimana dalam kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi 2 topik yaitu ( a ). pelatihan pembuatan flyer dan pemanfaatan medsos, ( b ). pengenalan kewirausahaan. 

Dalam kegiatan pelatihan ini dikemas dengan pembukaan adalah menjelaskan tujuan dari pelatihan ini dilakukan selatjutnya pemaparan materi pengenalan kewirausahaan dan berikutnya pemaparan materi tentang pengenalan kewirausahaan setelah siswa dianggap mengerti dan faham akan kewirausahaan dilanjut kedalam pemaparan materi tentang pembuatan flyer dan pemanfaatan sosial media. Yang mana tujuan dari pemaparan materi ini diharpakan siswa dapat memamahi dan melakukan kegitan berwirausaha secara online atau memanfaatkan digital marketing.

Pelatihan kepada siswa SMA Darul Fikri  (Dokpri)

Pelatihan kepada siswa SMP Islam Darul Fikri  (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline