Lihat ke Halaman Asli

KKN33_UINSU2024

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa KKN 33 UINSU 2024 Melakukan Sosialisasi ke UMKM Pabrik Tahu di Dusun VI Desa Tanah Rendah Kec. Air Putih Kab. Batu Bara

Diperbarui: 24 Agustus 2024   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi KKN 33 UINSU 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 Mahasiswa KKN kelompok 33 melakukan sosialisasi UMKM pabrik tahu Desa Tanah Rendah dusun VI Kec. Air Putih Kab. Batu Bara. Di Desa Tanah Rendah sendiri ada beberapa UMKM yang ada, di antaranya UMK susu kedelai, Kacang Kedelai Goreng, dan salah satunya UMKM Pabrik Tahu.  Kami melakukan sosialisasi UMKM pabrik tahu ini, kemudian melihat bagaimana proses pembuatan tahu dari kacang kedelai mentah hingga sampai menjadi tahu yang dijual di pasar. Sosialisasi ini dilakukan guna membahas dan menerapkan lebih lanjut terhadap program kerja mengenai UMKM Desa Tanah Rendah terkait upaya peningkatan perekonomian di Desa.

Sumber : Dokumentasi KKN 33 UINSU 2024

Pabrik Tahu ini didirikan sejak tahun 2012 hingga sekarang 2024. Pabrik tahu tersebut merupakan salah satu umkm yang ada di desa tanah rendah kecamatan Air putih. Dengan berdirinya umkm ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa tanah rendah sehingga mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang menjadi karyawan di pabrik tahu tersebut. 

Hasil produk utama dari  pabrik tahu ini adalah Tahu Putih dan Tahu Goreng. Yang dimana pabrik ini sudah bekerjasama dengan para distributor serta pemasaran langsung kepada para konsumen. 

Sumber : Dokumentasi KKN 33 UINSU 2024

Proses pembuatan tahu ini menggunakan bahan utama yakni kacang kedelai  sebanyak 300 kg yang di rendam dengan air selama 4 sampai 5 jam, setelahnya di tiriskan dan di giling menggunakan mesin khusus penggilingan, proses selanjutnya dimasak menggunakan tungku besar selama 5 menit dengan pengapian dari kayu bakar, kemudian proses penyaringan dan ampas nya dipisahkan dengan inti sari dari kacang kedelai tersebut. intisari itulah yang dicetak dengan menggunakan cetakan. Satu cetakan bisa menghasilkan 50 pcs tahu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline