Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan UMKM Melalui Desain Label Kemasan dan Digital Marketing

Diperbarui: 24 Agustus 2023   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

PATIKRAJA -- 10 Mahasiswa Kelompok 32 KKN Kolaborasi antara UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengadakan program pelatihan desain label kemasan dan digital marketing secara optimal di beberapa pelaku UMKM di Desa Notog.

Program pelatihan desain label kemasan dan digital marketing berlangsung di rumah masing-masing pelaku UMKM. Seluruh anggota mahasiswa KKN mendatangi satu per satu rumah para pelaku UMKM untuk diberikan pelatihan. Adapun pelaku UMKM yang sudah lanjut usia diwakilkan oleh anak maupun cucu dari pemilik sekaligus pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM di Desa Notog menjalankan usaha makanan seperti opak, keripik tempe, pastel, dan pangsit. Usaha tersebut sudah berjalan cukup lama dan turun temurun dari keluarga. Namun, dari beberapa UMKM tersebut ada yang kurang berkenan dengan program unggulan yang ditawarkan. Adapun pelaku UMKM yang menerima dan mau diberikan pelatihan adalah usaha pembuatan opak dan keripik tempe.

Untuk UMKM opak, pelatihan digital marketing diwakilkan oleh cucu dari pelaku UMKM tersebut dikarenakan ketidakpahaman mengenai digital marketing dan usia yang sudah lanjut. Pelatihan yang diberikan yaitu pembuatan akun facebook dan katalognya. Pelatihan desain label kemasan menggunakan aplikasi canva premium.

Sedangkan UMKM keripik tempe diberikan pelatihan pembuatan akun shopee beserta katalog dan juga maps. Kemudian untuk pelatihan desain label kemasan juga sama menggunakan aplikasi canva premium. Program pelatihan desain label kemasan dan digital marketing diakhiri dengan foto bersama dari mahasiswa KKN dengan pelaku UMKM yang bersedia diberikan pelatihan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline