Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 317 Tahun 2022 Menguak Hidden Gem Desa Tegaljati, Bondowoso

Diperbarui: 1 Agustus 2022   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Berdasarkan penggalian informasi terkait potensi Desa Tegaljati yang telah dilakukan oleh kelompok 317 selama beberapa hari. Desa Tegaljati memiliki Hidden gem yaitu Batik Jati Mas yang dikelola oleh PKBM Batik Jati Mas yang didirikan oleh Bapak Sugiyanto. 

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, batik ini sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih luas lagi karena memiliki kualitas yang bagus dan dapat bersaing dengan produsen batik lainnya. 

Batik Jati Mas ini tidak hanya dapat membuat corak khas Desa Tegaljati seperti bambu, daun jati, dan lainnya, tetapi juga dapat melayani permintaan corak dari berbagai daerah. 

Selain itu, yang sangat unik dari produk ini adalah penggunaan pewarna dari bahan alam yang menghasilkan perpaduan warna tradisional modern yang sangat menarik dan tentunya dapat meningkatkan nilai guna dari bahan alam yang digunakan.

Dokpri

Akan sangat rugi jika batik ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, kelompok 317 mengusung program kerja Peningkatan Digital Marketting pada UMKM Batik Jati Mas agar di era digitalisasi usaha ini tidak ketinggalan zaman.

 Adapun kegiatan yang akan dilakukan oleh kelompok 317 yaitu creating youtube content, creating feed instagram, desaigning e-catalog, desaigning leaflet, creating tik tok video dan tik tok shop, diversifikasi produk, serta pelatihan media sosial pada karyawan yang ditunjuk khusus untuk mengelola media sosial PKBM Batik Jati Mas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline