Lihat ke Halaman Asli

Eksplorasi Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore Banyuwangi untuk Menemukan Potensi dan Permasalahan Desa dalam Penyusunan Program Kerja KKN UMD 2024

Diperbarui: 20 Juli 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 dokumentasi pribadi

Pada tanggal 10 Juli 2024 dilakukan penerjunan Mahasiswa Universitas Jember untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Membangun Desa (KKN UMD) selama 45 hari sampai dengan 23 Agustus 2024. KKN UMD merupakan program Universitas Jember dengan model baru dengan tujuan mengoptimalkan program KKN dengan orientasi pada keberlanjutan, inovatif, tematik dan berfokus kegiatan dengan dampak maksimal. 

Mahasiswa KKN UMD diterjunkan di daerah Tapal Kuda (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang) dengan jumlah anggota perkelompok 11-12 anggota. Salah satu Kecamatan di Banyuwangi yang menjadi tempat mahasiswa KKN UMD yaitu Kecamatan Glenmore dengan seluruh desa terdapat mahasiswa KKN UMD. Salah satu desanya adalah Tulungrejo dengan mahasiswa KKN UMD Kelompok 310 sejumlah 12 orang.

Selama satu minggu mahasiswa KKN UMD di Desa Tulungrejo melakukan eksplorasi, observasi, wawancara dan analisis mendalam terhadap berbagai lembaga di desa tersebut dengan tujuan sebagai landasan dalam penyusunan program kerja di Desa. Beberapa hal yang didapatkan adalah Desa Tulungrejo merupakan Desa dengan Dusun paling banyak di Kecamatan yaitu 11 Dusun yaitu Dusun Kalikempit, Dusun Kalirejo, Dusun Kalitelepak, Dusun Purwojoyo, Dusun Salamrejo, Dusun Sumbergondo, Dusun Tegalrami, Dusun Tegalrejo, Dusun Tulungrejo, Dusun Wadungkamidin,  dan Dusun Wadungpal. 

Dengan 4 dusun yang berada dinaungan PTPN yaitu  Kalitelepak, Kalirejo, Purwojoyo dan Tegalrami. Desa Tulungrejo merupakan desa dengan jumlah penduduk paling banyak dengan luas wilayah terluas kedua di Kecamatan Glenmore. Kelebihan yang dimiliki Desa Tulungrejo yaitu produksi padi tertinggi di Kecamatan serta memiliki BUMDES yang relative aktif dibanding BUMDES lainnya di Kecamatan Glenmore.

dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi

Kelebihan Desa Tulungrejo lainnya adalah memiliki infrastruktur bangunan relative lebih maju dibanding Desa lainya seperti Balai Desa yang estetik dengan sentuhan kesenian antara Osing dan Jawa yang dapat merepresentasikan Banyuwangi serta perangkat Desa yang koorperatif dan bekerja sepenuh hati. Disisi lain Masyarakat Desa Tulungrejo merupakan masyarakat dengan mayoritas pekerjaan sebagai petani dan peternak serta buruh tani. 

Masyarakat Desa Tulungrejo merupakan masyarakat yang sosialis dan hidup dengan nilai-nilai Pancasila dengan pengimplementasian melakukan kerja gotong royong, pengajian, serta diskusi bersama untuk menyelesaikan permasalahan di Desa. Masyarakat desa yang sosialis dan berpegang dengan nilai Pancasila merupakan salah satu kunci dalam melaksanakan dan menyukseskan program kerja KKN UMD 2024.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline