Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif30

Mahasiswa Peserta KKN Kolaboratif 30 Jember 2022

KKN Kolaboratif Jember Kelompok 30: Pengenalan Pemilahan Sampah Terhadap Siswa SD di Desa Dukuhdempok

Diperbarui: 13 Agustus 2022   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Banyaknya sampah yang dihasilkan dapat menimbulkan banyak permasalahan bagi lingkungan. Terdapat banyak sampah organik maupun anorganik yang dihasilkan oleh kegiatan masyarakat sehari-hari. Tidak adanya pemilahan sampah organik dan anorganik dapat mempersulit kegiatan pengolahan sampah selanjutnya, sehingga diperlukan pemahaman mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu program kerja KKN kolaboratif kelompok 30 adalah melakukan penyuluhan pemilahan sampah pada beberapa sekolah dasar di Desa Dukuhdempok. Program tersebut sejalan dengan program kerja Kepala Desa Dukuhdempok mengenai peningkatan kesadaran masyarakat desa untuk membuang sampah pada tempat sampah. 

Program ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman siswa SD terkait jenis-jenis sampah dan cara pemilahan sampah serta membangun motivasi dan pola pikir siswa SD untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Siswa SD merupakan generasi penerus bangsa yang perlu ditanamkan jiwa peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama di lingkungan sekolah. 

Dengan ditanamkan jiwa peduli lingkungan sejak dini, diharapkan siswa dapat terbiasa menerapkan sikap-sikap peduli lingkungan dengan cara membuang sampah sesuai jenisnya pada tempat sampah maupun pengolahan sampah lebih lanjut.

Program kerja pemilahan sampah dilaksanakan pada hari senin dan selasa tanggal 8-9 Agustus 2022 di SDN Dukuhdempok 01 dan SDN Dukuhdempok 02. Dalam program pemilahan sampah tersebut, siswa SD diberikan pemahaman mengenai dampak sampah bagi lingkungan, jenis-jenis sampah, serta cara pemilahan sampah organik dan sampah anorganik. 

Selain itu, terdapat sesi kuis dan game memilah sampah sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa SD mengenai materi yang telah diberikan. Pelaksanaan penyuluhan pemilahan sampah berjalan lancar, siswa dapat menjawab pentanyaan yang diberikan dan melakukan game sesuai dengan intruksi yang diberikan.

Diharapkan dengan adanya program kerja KKN kolaboratif kelompok 30 dapat membantu program kerja Kepala Desa Dukuhdempok dan membangun kesadaran masyarakat Desa Dukuhdempok tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempat sampah.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline