Lihat ke Halaman Asli

KKN 2 Sambilawang Mojokerto

KKN 2 Sambilawang Mojokerto

Tingkatkan Kreativitas dan Kemampuan Warga Sambilawang, Mahasiswa KKN UM Mengadakan Pelatihan Pembuatan Buket untuk Ibu PKK

Diperbarui: 20 Juli 2021   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pembukaan Acara

Sabtu (17/07/2021), setidaknya 16 undangan dari Kelompok ibu-ibu PKK Desa Sambilawang mengikuti kegiatan "Pelatihan Digital Marketting dan Pembuatan Buket Snack dan Uang" yang diadakan oleh mahasiswa KKN UM Desa Sambilawang di aula balai desa Sambilawang dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Acara yang dipandu oleh Indah Nur Fadillah tersebut, dimulai pada pukul 09.35 WIB dengan dua pemateri dari mahasiswa KKN. Sosialisasi yang dilakukan dapat dikatakan berjalan cukup lancar, walaupun waktu pelaksanaan berjalan sedikit mundur dari jadwal.

Gambar 2. Penyampaian Materi 1

Gambar 3. Penyampaian Materi 2

Setelah pembukaan yang dibuka oleh MC, dilajutkan dengan acara inti yakni penyampaian materi. Materi yang pertama, disampaikan oleh saudara Alfany abied Maulana Satmaka tentang Pemasaran Digital (Digital Marketting). Dalam kesempatan ini, saudara Abied memberikan tutorial cara menggunakan market place yang ada di platform Shoppee, Instagram dan Facebook. Peserta pelatihan  nampak antusias mengikuti materi karena dalam kesehariannya, audiens biasa menggunakan Facebook dan berbelanja di Shoppee. Dilanjutkan dengan materi yang kedua, yakni pembuatan buket yang disampaikan oleh saudari Galuh Hegmatiyar Nourillah. Dalam presentasinya di depan para ibu PKK, saudari Galuh menguraikan keuntungan yang dapat diraup dari usaha membuat buket snack dan uang mainan.

Gambar 4. Pemberian Reward Kepada Kelompok 1

Setelah materi disampaikan dilanjutkan dengan acara yang sangat penting yaitu praktek membuat buket snack dan uang mainan di tempat dengan dipandu oleh saudari Fine Prastika Nur Aini dan Nadya Virnanda Putri. Peserta terbagi dalam tiga kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan lima sampai enam orang. Setiap kelompok diwajibkan menyelesaikan buket snack dan buket uang dalam waktu 60 menit yang kemudian akan dipilih juara terbaik. 

Dengan segala keuletan dan kemampuan yang dimiliki, peserta Nampak senang sekali dan tertantang untuk menyelesaikan pembuatan buket dalam waktu 60 menit. Akhirnya, waktu telah usai dan tiba saatnya penilaian dan pengumuman. Juara pertama jatuh kepada kelompok satu, dengan kriteria penilaian kelompok terkompak, tertepat waktu, dan terkreatif. "Sebenarnya, semua bagus dan sudah kompak ya bu. Namun kelompok satu ini lebih tepat waktu, lebih kompak dan buket uangnya terlihat lebih bervolume." jelas Fine kepada audiens sebagai juri yang disambut tepukan gemuruh audiens.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab sebanyak tiga pertanyaan, sebagai bentuk apresiasi panitia terhadap audiens yang memperhatikan materi dan mau bertanya maka bagi setiap penanya diberikan doorprize. Sehingga para audiens nampak saling berlomba supaya tidak kehabisan doorprize.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline