Lihat ke Halaman Asli

KKN 2 Sambilawang Mojokerto

KKN 2 Sambilawang Mojokerto

Melalui Video Profil Desa, Mahasiswa KKN UM Mengupas Kondisi Geografis dan Sejarah di Balik Nama Desa Sambilawang Bersama Kepala Dusun

Diperbarui: 15 Juli 2021   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada Sabtu (26/6/21) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang membuat video profil desa yang bertujuan untuk memperkenalkan kondisi dan mempromosikan potensi yang ada di Desa Sambilawang, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Video profil merupakan sebuah video yang berisi tentang gambaran umum desa. Dalam video tersebut, ditampilakan berbagai kondisi dan kegiatan masyarakat antara lain; Mata Pencaharian; dan Kondisi Geografis desa.

Secara geografis, dapat dideskripsikan Desa Sambilawang berbatasan dengan Desa Jrambe di sebelah timur, Desa Karangjeruk di sebelah selatan, dan Desa Plososari di sebelah barat, sedangkan sebelah utaranya berbatasan dengan Desa Ketemasdungus. Dengan luas wilayah total sebesar 307.87 Ha, Desa Sambilawang terbagi menjadi 7 Dusun

Mahasiswa KKN UM melakukan sesi wawancara mengenai asal usul Desa Sambilawang bersama salah satu Kepala Dusun, pada zaman dahulu terdapat pohon Sambi lalu dipotonglah pohon tersebut dan kayunya digunakan sebagai pintu masuk desa. Sedangkan dalam bahasa Jawa pintu adalah lawang. Kemudian digabunglah dari nama pohon Sambi dan bahasa Jawa dari pintu yaitu Lawang menjadi Sambilawang, hingga dijadikan nama DESA SAMBILAWANG sampai sekarang. Ungkap Bapak Maliki selaku Kepala Dusun Sengon desa Sambilawang.

Harapan Tim KKN untuk Desa Sambilawang

Harapannya, Desa Sambilawang tidak hanya menjadi Desa yang kaya akan sumber daya alamnya. Namun juga maju SDM nya, bahagia warganya, bermanfaat karya-karyanya dan semoga semakin berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline