Lihat ke Halaman Asli

KKN 296 Kalidilem

Universitas Jember

KKN UMD UNEJ 296, Pelatihan Pengolahan Daun Kelor Menjadi Teh untuk Meningkatkan Perekonomian di Desa Kalidilem

Diperbarui: 2 Agustus 2024   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Acara/dok. pri

Sosialisasi Manfaat dan Pelatihan Pengolahan Daun Kelor Pada Masyarakat Desa Kalidilem

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2024 yang berlokasi di Kantor Desa Kalidilem dimana para pesertanya merupakan ibu-ibu masyarakat Desa Kalidilem. Kegiatan ini juga di hadiri oleh Bapak Sekretaris Desa sebagai perwakilan dari bapak kepala desa, Ketua PKK, serta bapak kepala dusun krajan desa kalidilem. Kegiatan ini dipimpin oleh MC dan diisi oleh pemateri untuk memaparkan manfaat dari daun kelor  tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja utama kelompok 296. Kegiatan ini dimulai dari pemaparan manfaat dari daun kelor, lalu dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan daun kelor itu sendiri.

Pada saat sosialisasi menfaat daun kelor para ibu-ibu sudah sangat antusias dan penasaran pada produk teh daun kelor ini, saat sesi tanya jawab pun tidak sedikit ibu-ibu yang penasaran bertanya terkait manfaat dan terkait pangsa pasar dari teh daun kelor.

Kegiatan selanjutnya kami mendemonstrasikan cara pembuatan daun kelor dengan alat dan bahan yang sudah kami siapkan sebelumnya. Kami menyiapkan daun kelor yang masih segar sebagai contoh awal pembuatan yaitu pemetikan daun kelor, lalu kami juga menyediakan daun kelor yang masih setengah jadi yaitu yang belum terlalu kering dan belum siap dijadikan teh, kami juga menyiapkan daun kelor yang sudah kering. Daun kelor yang sudah kering tersebut kemudian dichopper kasar lalu dimasukkan kedalam tea bag. Kami juga menyediakan contoh packaging yang akan dipakai.

Setelah demonstrasi selesai kami memberikan tester kepada ibu-ibu untuk mencoba teh daun kelor yang sudah kami produksi. Kami juga menghimbau beberapa hal bahwa selain banyak manfaat, daun kelor juga memiliki efek samping berupa pusing bagi penderita darah rendah.

Jika ibu-ibu di Desa Kalidilem ini tertarik untuk melanjutkan produksi teh daun kelor, tim kami siap untuk membuka konsultasi serta membantu dalam hal proses produksi, packaging serta pemasarannya. Diharapkan dengan berlanjutnya produksi teh daun kelor ini akan membantu meningkatkan perekonomian di Desa Kalidilem.           




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline