Lihat ke Halaman Asli

KKN 296 Kalidilem

Universitas Jember

Potensi Desa Kalidilem: KKN UNEJ UMD Kelompok 296 Berinisiatif untuk Membuat Inovasi Produk dari Daun Kelor

Diperbarui: 28 Juli 2024   20:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Desa Kalidilem merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Desa Kalidilem memiliki sumber daya alam berupa daun kelor yang cukup banyak, karena masyarakat juga menggunakan daun kelor sebagai masakan untuk sehari-hari

Daun Kelor sering kali diremehkan karena hanya tumbuhan yang banyak tumbuh di desa-desa, namun tanpa kita sadari Daun Kelor memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti, membantu kadar gula darah, menurunkan risiko jantung, mencegah batu ginjal, membantu mengatasi anemia, antioksidan dan lain-lain.

Dalam hal ini kami KKN UMD UNEJ Kelompok 296 mengusung tema wirausaha sebagai program kerja dengan memanfaatkan Daun Kelor ini sebagai inovasi produk yang menghasilkan teh. Hal ini bukan hanya untuk program kerja kami saja, tetapi juga diharapkan dapat membantu perekonomian Masyarakat kalidilem. Dengan banyaknya peminat teh daun kelor karena kaya akan manfaat juga membuka peluang usaha bagi masyarakat.

Terdapat beberapa program kerja yang akan kami lakukan di Desa Kalidilem ini yang tetap berada di naungan tema wirausaha:

  • Sosialisasi manfaat dan pengolahan daun kelor kepada ibu-ibu di Desa Kalidilem. Hal ini bertujuan agar masyarakat tahu manfaat dari daun kelor dan bisa belajar bersama-sama untuk pengolahan daun kelor menjadi produk teh kelor.
  • Pelatihan manajemen usaha dan penguatan jaringan  usaha kepada para remaja di Desa Kalidilem. Hal ini bertujuan untuk membantu remaja Desa Kalidilem dalam hal memasarkan produk teh kelor dan membuat media sosial, dan marketplace untuk membantu memasarkan produk.

Program kerja yang sudah direncanakan oleh kelompok 296 Desa Kalidilem telah disetujui oleh Bapak Nur Wahid selaku Kepala Desa Kalidilem dan Bapak Dwi Erwin Subianto, S.P, M.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan Universitas Jember. Bapak Nur Wahid mengatakan ketertarikannya atas program kerja yang akan kami jalankan selama KKN ini berlangsung dan berharap agar program kerja kami dapat membantu meningkatkan perekonomian di Desa Kalidilem.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline