Lihat ke Halaman Asli

Demi Meningkatkan Kesadaran dan Kebiasaan Perilaku Menyikat Gigi yang Benar, Mahasiswa KKN UNEJ Melakukan Sosialisasi dengan Menggait SDN 1 Argosari

Diperbarui: 16 Agustus 2024   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

youtube/KKN264Argosari

Argosari, 9 Agustus 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMD Universitas Jember kelompok 264 melaksanakan program sosialisasi penyuluhan terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar yang dilaksanakan bersama siswa SDN 1 Argosari. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa sd terkait cara menyikat gigi yang benar. Selain itu, latar belakang dilakukannya sosialisasi cara menyikat gigi yang benar dikarenakan berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) tahun 2018 menunjukkan bahwa baru 2,8 persen responden berusia di atas tiga tahun yang sudah menyikat gigi dengan benar. Dalam kegiatan tersebut, yang dipandu oleh 2 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UneJ melakukan sosialisasi cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan harapan pemahaman siswa sd terkait cara menyikat gigi yang benar dapat meningkat dan dapat menjadi sebuah kebiasaan yang berkelanjutan.

"Dulu sudah pernah dilakukan kak cara menyikat gigi, tapi kami sudah lupa" ucap Riski salah satu siswa kelas 4.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan menggunakan model phantom gigi dengan tujuan mempermudah pemahaman siswa sd ketika penjelasan dilakukan. Terdapat juga kegiatan tanya jawab interaktif yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terkait sosialisasi  yang telah dilakukan.

youtube/KKN264Argosari

youtube/KKN264Argosari

"Makanan dan minuman yang dapat merusak gigi itu bisa coklat, es krim dan lolipop" ucap Radea salah satu siswa kelas 2 ketika ditanya mengenai makanan apa saja yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan sakit. 

Selain menjadikan menggosok gigi dengan benar sebagai kebiasaan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman sekaligus menjadi ajang meningkatkan akan pentingnya kesehatan terutama terkait kesehatan gigi dan mulut melalui sikat gigi yang baik dan benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline