Lihat ke Halaman Asli

KKN 261UNEJ

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Unej bersama Masyarakat Kupang Bersinergi Mengembangkan Potensi Wisata Bukit Mahadewa

Diperbarui: 31 Juli 2022   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: PDD Kelompok 261

Bukit Mahadewa adalah salah satu potensi wisata Kabupaten Bondowoso yang terletak di Desa Kupang, Kecamatan Curahdami. Destinasi wisata ini memiliki daya tarik yang luar biasa terutama dalam pesona alam yang disuguhkan, sehingga sempat menjadikannya sebagai wisata unggulan. 

Menurut informasi masyarakat sekitar, Bukit Mahadewa berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan yang dapat disaksikan diantaranya ialah, dari arah timur terdapat pemandangan citylight Kota Bondowoso, dari arah selatan terlihat Gunung Raung yang diketahui sebagai paku alam Jawa, dan dari arah barat serta utara, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan teduh diantara tebing dan pohon-pohon yang sejuk. Oleh sebab itu, Bukit Mahadewa juga kerap dikunjungi untuk kegiatan camping.

Destinasi Wisata Bukit Mahadewa diketahui mulai beroperasi sekitar tahun 2017 dan memperoleh antusias yang cukup luar biasa dari masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya. Melalui penjelasan masyarakat sekitar, dalam satu hari penjualan tiket masuk mencapai Rp. 1.000.000 di hari biasa dan Rp. 3.000.000 -- Rp. 5.000.000 di hari libur. 

Namun, kondisi tersebut sangat berbanding terbalik dengan kondisi saat ini. Ditutupnya destinasi wisata Bukit Mahadewa merupakan salah satu imbas dari adanya pandemi. Sejak saat itu tempat wisata tersebut ditutup dan tidak beroperasi, dari sana sejumlah fasilitas sudah banyak yang rusak.

Kegiatan Bersih-Bersih Bukit Mahadewa. Sumber: PDD Kelompok 261

Dalam hal ini, mahasiswa peserta KKN Unej Membangun Desa Periode II Tahun Ajaran 2021/2022 yang diterjunkan di Desa Kupang bermaksud menggali potensi wisata yang ada melalui pengembangan Bukit Mahadewa. Upaya yang sudah dilakukan diantaranya ialah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa mengenai langkah awal yang akan ditempuh. 

Bersamaan dengan hal itu, Pemerintah Desa beserta Mahasiswa KKN UMD TA 2021/2022 turut serta melibatkan partisipasi pengelola Bukit Mahadewa yang sudah terbentuk untuk membahas mengenai pengembangan destinasi wisata yang akan dijalankan.

Kegiatan bersih-Bersih Bukit Mahadewa. Sumber: PDD Kelompok 261 

Melalui hal tersebut diharapkan dengan beroperasinya kembali Wisata Bukit Mahadewa di Desa Kupang mampu meningkatkan geliat semangat membangun desa di kalangan masyarakat, sekaligus menjadi salah satu sumber pendapatan yang mampu menunjang perekonomian di Desa Kupang.

https://unej.ac.id/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline