Lihat ke Halaman Asli

Kkn 261 Sumber Petung

Universitas Jember

Mahasiswa KKN 261 UNEJ Lakukan Sosialisasi Pengelolaan dan Branding Produk Kopi Guna Meningkatkan Perekonomian Warga di Desa Sumberpetung

Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Lumajang, 27 Juli 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) kelompok 261 mengadakan sosialisasi terkait manajemen pengelolaan dan branding produk kopi dengan tema “Peningkatan Rantai Industri dan Mutu Akses Terhadap Pasar Kopi Pinang (PRIMATA)”. Rangkaian acara berlangsung pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 yang bertempat di Balai Desa Sumberpetung dengan melibatkan perwakilan warga dari tiap RT meliputi 3 dusun yakni Berca, Krajan, dan Gunung cilik serta perangkat desa.

Kegiatan dilakukan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan terkait pengelolaan dan penanganan pascapanen kopi yang tepat dan branding produk untuk meningkatkan nilai ekonomi produk kopi pinang lokal khas Sumberpetung yang akan dikembangkan. Pengembangan produk Kopinang (kopi pinang) menjadi salah satu upaya pemanfaatan melimpahnya sumber daya alam yang terdapat di desa Sumberpetung.

Pemaparan materi terkait manajemen pengelolaan kopi disampaikan oleh bapak Adi yang dikenal sebagai penggiat dunia perkopian di wilayah sekitar desa Sumberpetung sekaligus pemilik usaha produk kopi bubuk Lembah Lemongan. Pemaparan materi peningkatan nilai ekonomi dan branding produk kopi disampaikan oleh ibu Asmak Afriliana, S.TP., M.P., P.hD. yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang expert pada bidang pengolahan kopi.

Kegiatan sosialisasi juga dilakukan dengan rangkaian uji organoleptik produk kopi pinang (Kopinang) khas desa Sumberpetung dengan mekanisme masing-masing peserta sosialisasi mendapatkan tiga sampel kopi pinang dengan formulasi yang berbeda, selanjutnya peserta akan diminta untuk menilai rasa serta aroma produk berdasarkan tingkat kesukaan untuk mendapatkan tingkat penerimaan produk Kopinang oleh konsumen.

Dokumentasi Pribadi

Bapak Imam Syafi’i selaku sekretaris desa mengungkapkan “Dengan adanya sosialisasi manajemen pengelolaan dan branding kopi sangat membantu terutama untuk warga desa yang berprofesi sebagai petani kopi, mayoritas warga desa hanya menjual kopi mentah yang memiliki harga jual rendah, harapannya wawasan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi bagi warga agar lebih memperhatikan terkait pentingnya pengolahan serta branding yang tepat sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk agar jangkauan pasar lebih luas”.

Mahasiswa KKN kelompok 261 berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang dapat diterapkan bagi warga desa. Serangkaian kegiatan ini dilakukan atas dasar inisiatif kelompok KKN yang telah disepakati oleh perangkat desa, yang menjadi bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline