Lihat ke Halaman Asli

Adakan Posyandu Lansia, Petugas Kesehatan Puskesmas Gandeng Mahasiswa KKN Kolaborasi 247 Wonorejo

Diperbarui: 23 Juli 2023   17:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Posyandu Lansia di GKJW Sidoreno, Wonorejo, Kencong. Dokpri

Wonorejo, Kencong - Kegiatan rutin posyandu lansia, kembali digelar oleh warga Desa Wonorejo dengan bantuan petugas kesehatan puskesmas setelah beberapa saat terhenti. Posyandu lansia dihadiri oleh warga non-muslim (kristen) yang berlokasi di GKJW Sidoreno, Wonorejo, Kec. Kencong, Kab. Jember. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli 2023 mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Adanya kegiatan posyandu lansia bertujuan untuk mencegah serta mengurangi resiko penyakit yang rentan dialami oleh lansia, seperti hipertensi, asam urat, kolestrol dan penyakit lainnya. Pihak penyelenggara menggaet mahasiswa KKN Kolaborasi Kelompok 247 yang beranggotakan mahasiswa Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Jember, dan Universitas Al-Falah Assunniyah Kencong Jember. Dalam kegiatan posyandu lansia, petugas puskesmas mensosialisasikan poin penting terkait penyebab, pencegahan serta bagaimana cara untuk menjaga pola hidup sehat, terutama bagi para lansia.

Warga lansia yang menghadiri posyandu tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh puskesmas Kencong. Antusias mereka terlihat dari raut wajah yang penuh kebahagian dan semangat. Sebelum kegiatan berlangsung, para warga tidak lupa untuk melakukan doa bersama sesuai dengan kepercayaan yang mereka anut. Doa dipimpin oleh salah seorang petugas yang dipercayai warga sekitar. Saat doa selesai, petugas puskesmas beserta mahasiswa KKN memulai kegiatan sosialisasi pada hari itu.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar tanpa adanya hambatan. Para lansia yang menghadiri posyandu, mengikuti rangkaian kegiatan dengan tertib dan mengantre hingga gilirannya tiba. Mahasiswa KKN Kolaborasi 247 bertugas untuk memberikan arahan kepada para warga hingga mencatat data-data kesehatan warga yang telah dilayani oleh petugas kesehatan. Rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti pencatatan data diri, menimbang berat badan, mengukur tensi, serta memberikan obat tambahan bagi lansia yang memerlukan pengobatan lebih.

Pihak penyelenggara posyandu lansia di GKJW Sidoreno berharap, kegiatan tersebut dapat terealisasi dalam jangka waktu yang lama. Karena adanya posyandu lansia sangat membantu para warga sekitar yang membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan ringan tanpa harus pergi jauh ke puskesmas. Selain itu, diharapkan pula posyandu lansia dapat dilaksanakan rutin dalam sebulan sekali. Pihak penyelenggara menuturkan, adanya mahasiswa KKN sedikit membantu terlaksananya posyandu lansia serta mahasiswa juga mendapatkan lebih banyak ilmu dari kegiatan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline