Lihat ke Halaman Asli

kkn240 klakah

Mahasiswa

Penuh Antusias! Mahasiswa KKN 240 UNEJ bersawa Ibu-ibu PKK, Kader GERBANGMAS dan Perangkat Desa Klakah Menghidupkan Kembali Pawon Urip

Diperbarui: 29 Juli 2024   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jum'at, 26 Juli 2024, Kelompok KKN UNEJ 240 telah menyelesaikan kegiatan revitalisasi Pawon Urip serta melaksanakan penanaman bersama dengan ibu-ibu PKK beserta Kader Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilakukan sebagai program kerja lanjutan yang sebelumnya telah diusung oleh Kelompok KKN UNEJ 240. Sebelum melakukan revitalisasi dan penanaman bersama, Kelompok KKN UNEJ 240 mengadakan sosialisasi terkait rancangan desain revitalisasi lahan Pawon Urip. Desain revitalisasi ini tentu saja telah mendapatkan persetujuan dari perangkat desa beserta ketua kelompok PKK Desa Klakah. Pada kesempatan kali ini, Kelompok KKN UNEJ 240 menampilkan secara langsung desain digital rancangan eksterior lahan Pawon Urip kepada ibu-ibu PKK dan Kader. Ibu-ibu PKK dan Kader sangat antusias dalam memperhatikan setiap bagian dari lahan Pawon Urip yang hendak dilakukan revitalisasi. Adapun masukan beserta saran dari ibu-ibu PKK dan Kader diterima secara antusias oleh Kelompok KKN UNEJ 240.

Pada kegiatan berikutnya, ibu-ibu PKK dan Kader kemudian diajak untuk berkeliling lahan dengan memperhatikan setiap perencanaan media tanam yang telah disiapkan oleh Kelompok KKN UNEJ 240. Beberapa media tanam yang didemonstrasikan oleh Kelompok KKN UNEJ 240 berupa media tanam tanah, hidroponik dan juga penanaman dengan metode budikdamber. Ketiga media tanam tersebut masing-masing diperlihatkan kepada ibu-ibu PKK dan Kader, dengan tujuan saling belajar untuk bersama-sama memberi kontribusi pada program revitalisasi lahan Pawon Urip. Setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah penanaman bersama di lahan Pawon Urip. Masing-masing dari ibu-ibu PKK dan Kader beserta tamu yang diundang diajak untuk bersama-sama melakukan penanaman berbagai jenis tanaman sayur di media tanam, adapun beberapa dari mereka ikut serta secara langsung dalam melakukan penanaman melalui metode hidroponik dan budikdamber.

Revitalisasi yang dilakukan oleh Kelompok KKN beserta Ibu-ibu PKK dan Kader berjalan dengan baik. Lahan Pawon Urip yang berada di balai Desa Klakah menjadi rapih kembali dengan dilaksanakannya program revitalisasi lahan ini. Selain itu, kegiatan penanaman bersama yang dilakukan juga telah diselesaikan dengan baik. Ibu-ibu PKK dan Kader sangat antusias selama kegiatan ini. Hal ini dimotivasi oleh rasa semangat dari para ibu-ibu PKK dan Kader untuk ikut serta berkontribusi menghidupkan kembali Pawon Urip yang dulu pernah mereka ciptakan. Penghijauan kembali lahan juga mendapatkan apresiasi penuh dari pihak desa dan ibu-ibu PKK beserta Kader Desa Klakah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline