Lihat ke Halaman Asli

KKN 239 Desa Tegal Dede

KKN Kolaborasi Tegal Gede

Menyemarakkan HUT RI ke-77, Mahasiswa KKN Kolaboratif 239 Bekerjasama dengan Kelurahan Tegalgede Jember

Diperbarui: 1 Agustus 2022   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember — (29/07) Agustus merupakan bulan yang dinantikan warga Indonesia. Sebab pada bulan itu terdapat momentum perjuangan rakyat Indonesia untuk menggapai kemerdekaan. Dalam hal ini, bangsa kita berjuang bukan untuk melawan penjajah melainkan dengan menjaga kesatuan dan kebersamaan rakyat dalam menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan. 

Indonesia adalah warga yang majemuk. Kendatipun demikian perbedaan tersebut bukanlah hal yang mencerai-beraikan rakyat, melainkan sebagai hal yang membawa keindahan dalam bermasyarakat. Terinspirasi dari hal tersebut, mahasiswa KKN Kolaboratif 239 ingin membuat acara yang mengikutsertakan masyarakat dan pemerintah setempat. Hal ini dilakukan dengan jalan mengadakan berbagai macam perlombaan.
Mahasiswa KKN mengadakan pertemuan dengan Lurah Tegalgede —Bu Eni Umiati. Pertemuan kelima ini membahas masalah program tambahan yang akan dijalankan mahasiswa KKN Kolaboratif 239 di Tegalgede. Pertemuan ini berlangsung singkat, tetapi mendapat keputusan yang mufakat. Kebersamaan tak luput menjadi penopang pengambilan keputusan.

Menjelang acara Agustus-an, mahasiswa KKN sepakat akan mengadakan perlombaan yang melibatkan anak-anak usia sekolah dasar. Acara ini akan diramaikan sejalan dengan acara yang dibuat oleh lurah Tegalgede. Jumat, (29/07) para RT dan RW Kelurahan Tegalgede setuju mengadakan acara jalan santai yang melibatkan seluruh warga Tegalgede. Sebagai bocoran, doorprize yang akan disediakan tak kalah menarik. Pertemuan ini mencakup seluruh kesepakatan bersama, termasuk penyusunan struktur kepanitiaan acara.

Mahasiswa KKN Kolaboratif 239 pun akan turut menyemarakkan acara Agustusan. Sederet rancangan acara telah dibuat. Tinggal menunggu hari H pelaksanaan acara. Di antara lomba yang akan diadakan ialah: lomba makan kerupuk, balap kelereng, dan memasukkan paku dalam botol. Bersama dengan itu, mahasiswa KKN Kolaboratif 239 juga telah mempersiapkan hadiah menarik guna memberi semangat kepada adik-adik peserta lomba. Hal ini sejalan dengan pernyataan bendahara panitia Agustus-an Kelurahan Tegalgede bahwa generasi penerus bangsa harus siap menyumbangkan finansial dan tenaga karena kita sudah tidak langsung berhadapan dengan para penjajah. Kita tidak berhadapan langsung dengan peperangan.

whatsapp-image-2022-08-01-at-17-06-42-62e7a5e308a8b522cd288db3.jpeg

==========================================================

KKN Kolaboratif 239 terdiri dari gabungan 4 universitas di Jember, di antaranya: Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas dr. Soebandi, dan Universitas PGRI Argopuro Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline