Lihat ke Halaman Asli

KKN 220 Pocangan Jember

KKN Kolaboratif PT Se-Kabupaten Jember

KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi Sekabupaten Jember: Merintis di Tengah Krisis Batik Pocangan Jember

Diperbarui: 29 Juli 2022   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Gambar 1. Foto bersama Ibu Anis, pemilik Batik Pocangan

Desa Pocangan merupakan salah satu desa di Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember. Desa Pocangan menjadi salah satu desa tujuan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif yang dilaksanakan oleh 13 perguruan tinggi se-Kabupaten Jember. KKN Kolaboratif kelompok 220 telah melakukan survei lapangan terkait dengan potensi yang terdapat di Desa Pocangan. Salah satunya adalah batik pocangan.

Batik pocangan merupakan salah satu produk unggulan dari Desa Pocangan. Menurut Anis Sulalah, selaku pengusaha batik Pocangan, mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai pengrajin batik pocangan merupakan warga Desa Pocangan, hal tersebut dikarenakan adanya harapan yang besar untuk memperbaiki perekonomian masyarakatnya.

Nama batik pocangan sendiri memiliki filosofi yaitu untuk mengenalkan Desa Pocangan kepada masyarakat luar melalui usaha batik itu sendiri. Adanya usaha batik ini, diharapakan mampu memperluas ekssitensi Desa Pocangan.

Batik pocangan dibuat dengan dua macam teknik yaitu teknik tulis dan teknik printing. Bahan yang digunakan sendiri didatangkan langsung dari Kota Solo dan Banyuwangi. Hal itu dikarenakan bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik, sehingga menghasilkan batik yang berkualitas.

Dokpri

  Gambar 2. Berbincang bersama pemilik Batik Pocangan

Anis mengatakan bahwa dalam merintis usahanya, terdapat banyak keringat dan tangis yang dikeluarkan. Hal ini dikarenakan minat masyarakat yang kecil untuk ikut serta dalam menjadi tenaga pekerja dalam usaha ini. Selain itu, tidak adanya dukungan pemerintah desa dan juga kurangnya pengetahuan pada bagian design dan komputasi menjadi kendala dalam mengembangkan usahanya.

Dokpri

Gambar 3. Proses pembuatan Batik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline