Lihat ke Halaman Asli

KKN216.Kolaboratif

Kolaborasi 6 Perguruan Tinggi : UNEJ, ITS Mandala, UDS, UIN Khas Jember, UIJ, UNIPAR

KKN Kolaboratif #3 2024 (Sangkar Burung Cak Ari: Inovasi Seni Dawuhan Mangli yang Beromset Jutaan Rupiah Setiap Minggu)

Diperbarui: 21 Agustus 2024   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kkn216-kolaboratif

Universitas Jember

Institut Teknologi dan Sains Mandala

Universitas Dr Soebandi

Universitas PGRI Argopuro Jember

UIN KHAS Jember

Universitas Islam Jember

Jember, 18 Agustus 2024-- Usaha sangkar burung bernama "Cak Ari" terus menunjukkan perkembangan pesat dengan omset mencapai jutaan rupiah setiap minggunya. Berlokasi di Dawuhanmangli, Jember, Cak Ari berhasil menarik perhatian para pecinta burung dengan produk sangkar burung yang memiliki nilai seni tinggi.

Sangkar burung buatan Cak Ari dikenal karena kualitasnya yang unggul dan desain khas Dawuhanmangli yang memadukan keindahan dan fungsionalitas. Harga sangkar burung ini bervariasi, mulai dari Rp90 ribu hingga mencapai jutaan rupiah, tergantung pada ukuran, material, dan tingkat kerumitan desain.

Setiap minggunya, sekitar 30 sangkar burung dikirimkan ke berbagai kios di daerah Jember, serta ke beberapa daerah luar Jember, seperti Banyuwangi. Keunggulan produk ini terletak pada detail ukiran dan kehalusan finishing yang mencerminkan kekayaan seni lokal. Tak heran jika produk Cak Ari banyak diminati, baik oleh penghobi burung lokal maupun dari luar daerah.

"Dalam seminggu, kami bisa mengirimkan sekitar 30 sangkar ke kios-kios langganan. Antusiasme pasar cukup tinggi, terutama karena sentuhan seni khas Dawuhanmangli yang membuat sangkar burung kami berbeda dari yang lain," ujar Cak Ari, pemilik usaha yang juga seorang perajin seni tradisional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline