Lihat ke Halaman Asli

Program Pendampingan Usaha sebagai Upaya Pengembangan UMKM di Kelurahan Kalijudan

Diperbarui: 17 Juli 2022   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto produk kue kering/dokpri

Electronic Commerce (e-commerce) atau perdagangan elektronik adalah transaksi jual beli yang terjadi secara elektronik melalui media internet (Cashman, 2007). 

Sesuai dengan definisi tersebut, kesepakatan yang terjadi antara penjual dan pembeli dilakukan dengan perantara melalui dunia maya, tanpa bertemu langsung. 

E-commerce memberikan alternatif sistem perdagangan yang semakin diminati seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Tidak mengherankan jika nilai transaksi e-commerce di Indonesia relatif meningkat setiap tahunnya. Adanya peluang ini sebaiknya menjadi pertimbangan pelaku UMKM untuk mulai atau lebih serius menggeluti perdagangan e-commerce.

Oleh karena itu, melalui kegiatan KKNT-MBKM Kelompok 20 UPN "Veteran" Jawa Timur memberikan pendampingan mengenai bagaimana cara mengelola e-commerce kepada pelaku UMKM di Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya.

Kegiatan ini dilakukan di beberapa UMKM yang berbeda yaitu pertama, UMKM "Dapoer Polaris" milik IBu Dian yang bertempat di RW 01, Kelurahan Kalijudan. Untuk UMKM ini, kami membantu dalam hal pembuatan legalitas usaha; foto produk; dan pembuatan logo untuk mendukung penampilan akun e-commerce

Selain itu, kami juga membantu dalam hal pencatatan akuntansi terkait HPP (Harga Pokok Penjualan) yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. UMKM ini menjual beberapa macam kue basah dan kering dan juga membuat paket kue yang terdiri dari 4 macam kue dalam satu paketnya.

Yang kedua dilakukan di UMKM yang bertempet di RW 01, Kelurahan Kalijudan yaitu "Peyek Ombho" milik Ibu Ika. Di Surabaya sendiri, "Peyek Ombho" sudah banyak dikenal luas akan tetapi pemilik usaha tersebut yaitu Ibu Ika ingin melebarkan sayap usahanya agar terdistribusi di kota-kota lain. 

Di UMKM ini, kami membantu dalam hal pembuatan legalitas usaha; mengenalkan di beberapa e-commerce sehingga permintaan dari pelaku usaha dapat kita penuhi; dan foto produk. 

Serta kita juga membantu dalam hal pembuatan packaging agar peyek tersebut tetap aman sampai ke tangan konsumen. Usaha ini menjual beberapa topping meliputi kacang; ebi/grago; kedelai; daun pepaya; teri; daun jeruk; daun bayam; daun salam; dan ketumbar dengan harga Rp. 20.000/bungkus serta menerima pesanan dengan skala besar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline