Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Kokedama sebagai Pengganti Media Pot Tanaman

Diperbarui: 3 Juni 2022   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama ibu-ibu RW 04 dan anggota KKNT-MBKM kelompok 20/dokpri

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Kokedama dari serabut kelapa menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKNT-MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur kelompok 20 di Balai RW 04, Kelurahan Kalijudan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Kokedama ini mencakup tujuan dari pelestarian lingkungan yaitu terwujudnya pengurangan limbah serabut kelapa dan media pot plastik dengan sasaran program yaitu ibu-ibu RW 04 yang menyukai budidaya tanaman sebanyak 20 orang.

Kokedama adalah teknik bertanam dari Jepang. Kokedama memiliki bentuk yang sederhana atau kecil, media tanam berbentuk bola padat, dan peletakannya bisa dengan digantung atau disusun. 

Kokedama dapat diaplikasikan dengan alat dan bahan yang sederhana agar warga tertarik untuk mencobanya, mengingat Kokedama juga memiliki nilai estetika dan nilai jual yang apabila dikembangkan akan membantu perekonomian rumah tangga.

Mahasiswa KKNT-MBKM kelompok 20 memberikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Kokedama kepada ibu-ibu RW 04 dengan berinovasi memanfaatkan serabut kelapa yang dijadikan sebagai bahan pembuatan Kokedama

Penggunaan bahan serabut kelapa dalam pembuatan Kokedama ini adalah karena serabut kelapa merupakan salah satu limbah yang kurang termanfaatkan dan juga ramah lingkungan.

Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Kokedama ini dilakukan pada hari Kamis (26/05/2022) secara langsung dengan rincian pengenalan tentang Kokedama, manfaat Kokedama, langkah-langkah pembuatan Kokedama, dan perawatan Kokedama. Teknik bertanam dengan Kokedama juga cocok untuk rumah-rumah warga RW 04, Kelurahan Kalijudan ini karena jarang yang mempunyai halaman luas.

Foto pembuatan Kokedama oleh ibu-ibu RW 04 yang dibantu mahasiswa KKNT-MBKM kelompok 20/dokpri

Foto hasil pembuatan Kokedama/dokpri

Adanya respon positif dari ibu-ibu RW 04, Kelurahan Kalijudan dengan adanya program kerja sosialisasi dan pembuatan Kokedama ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk memperindah rumah ataupun dapat dijadikan peluang usaha. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline