Lihat ke Halaman Asli

Dini Athira

Mahasiswa

KKNK Kelompok 202 Desa Sumberpakem Ikut Memeriahkan HUT Ke-78 RI Tahun 2023

Diperbarui: 21 Agustus 2023   01:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : dokumen pribadi (foto bersama mahasiswa KKNK 202 dan Perangkat Desa Sumberpakem)

Jember - Kelompok KKN Kolaboratif 202 Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember pada minggu kelima merayakan dan memeriahkahkan HUT RI ke-78. Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus dirayakan dengan penuh semangat oleh seluruh rakyat Indonesia. Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini melibatkan berbagai macam kegiatan, termasuk kegiatan upacara bendera, lomba-lomba tradisional, dan acara-acara lain yang membangkitkan semangat nasionalisme dalam mencapai cita-cita bangsa dan cinta tanah air. Tanggal ini juga menjadi kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk merenungkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang untuk mencapai kemerdekaan negara.

Pada tanggal 17 Agustus 2023, kelompok KKN Kolaboratif 202 mengikuti kegiatan upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di lapangan Sumberjambe. Peringatan ini merupakan momen yang sangat penting dalam sejarah Indonesia, mengingatkan kita akan makna penting dari kemerdekaan, nilai-nilai persatuan, dan semangat perjuangan. Mengikuti upacara bendera 17 Agustus adalah cara yang baik untuk berpartisipasi dalam semangat perayaan kemerdekaan dan merenungkan makna penting dari kemerdekaan dan persatuan nasional.

Sumber gambar : dokumen pribadi (foto bersama mahasiswa KKNK 202)

Upacara bendera ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan dan memupuk semangat nasionalisme serta cinta tanah air. Upacara ini diikuti oleh siswa-siswi SD hingga SMA, para guru, perangkat desa, dan seluruh mahasiswa KKN yang berada di Kecamatan Sumberjambe.


Selain mengikuti upacara bendera, kelompok KKN Kolaboratif 202 Desa Sumberpakem juga merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus dengan mengadakan lomba. Kegiatan lomba ini diadakan oleh panitia gabungan yakni antara PCC (Pakem Creative Community) dan Mahasiswa KKN Kolaboratif 202 Desa Sumberpakem. Lomba yang dilaksanakan terhitung dari tanggal 15-23 Agustus 2023. Lomba tersebut bertempat di Balai Desa Sumberpakem dan Pujasera Demoede. Lomba yang telah diadakan terdiri dari rebut kursi, balap karung, joget balon, balap kelereng, sarung ular, cup treasure, dan lomba PBB. Kegiatan lomba ini mendapat antusias yang cukup meriah dari warga Sumberpakem. Adapun beberapa lomba lain yang akan terlaksana pada minggu keenam yaitu lomba adzan, lomba wudhu, dan lomba fashion show.

Sumber gambar : dokumen pribadi (lomba estafet air masyarakat Desa Sumberpakem)

Sumber gambar : dokumen pribadi (lomba PBB oleh Mahasiswa KKN-K 202)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline