Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik Mandiri 29 PPNH2

Mahasiswa Universitas Nurul Huda

Tingkat Kreativitas, Mahasiswa KKN-Tematik Mandiri 29 Universitas Nurul Huda Membuka Les Pegon PPNH

Diperbarui: 6 September 2023   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kknt-mandiri 29 PPNH2 Tanah Merah/Dokpri

Tingkatkan Kreativitas, Mahasiswa KKN-Tematik Mandiri 29 Universitas Nurul Huda Membuka Les Pegon di Ponpes Nurul Huda 2 Tanah Merah

@pondokpesantren nurulhuda2tanahmerah/Dokpri

Senin, 07 agustus 2023 Mahasiswa KKN-Tematik Mandiri 29 Ponpes Nurul Huda 2 Tanah Merah dari Universitas Nurul Huda menjalankan rutinintas program kerja KKN, salah satunya membuka les Pegon(menulis dengan lughot arab). Mahasiswa mengenalkan Pegon kepada para santri khususnya santri baru. Les Pegon dilaksanakan setiap sore pada hari senin sampai dengan hari kamis di ruang kelas.

Kegiatan ini dimulai pada hari senin, 17 Juli 2023 sampai dengan sekarang. Antusiasme para santri sangat tinggi dalam hal ini mereka bisa dengan cepat memaknai kitab kuning (kitab gundul) dengan benar.

Pegon adalah menulis dengan lughot arab atau yang biasa di kenal maknaan kitab gundul. Dengan bertuliskan arab namun dengan bacaan jawa kromo ataupun bahasa indonesia.

Materi pembelajaran minggu pertama yaitu pembahasan bacaan huruf hijaiyah, minggu kedua pengenalan rujuk an atau istilahnya singkatan, minggu ketiga praktik menulis menggunakan pegon, minggu ke empat praktik maknani ke dalam kitab gundul. Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan buku panduan pegon.

Les Pegon ini diajarkan langsung oleh mahasiswa Universitas Nurul Huda dari program studi pendidikan Teknologi Informasi yang bernama Murthiningseh sebagai penanggung jawab. Menurut Murthiningseh, para santri ponpes Nurul Huda 2 Tanah Merah sangat bersemangat karna niat tujuan awal mereka adalah bisa maknai kitab dengan benar, yang awalnya mereka maknai dengan tulisan latin kini mereka sudah bisa menggunakan tulisan arab non harokat atau disebut pegon.







BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline