Lihat ke Halaman Asli

KKN UNEJ Desa Kabuaran

Universitas Jember

KKN UMD 200 Sukseskan Kegiatan Lomba Pawon Urip di Desa Kabuaran, Lumajang

Diperbarui: 7 Agustus 2023   06:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKN UMD 200 Universitas Jember

Desa Kabuaran, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang pada hari Jumat Tanggal 04 Agustus 2023 ikut serta dalam perlombaan Pawon Urip. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN 200 UMD Universitas Jember ikut serta dalam menyukseskan acara perlombaan Pawon Urip yang diikuti oleh Desa Kabuaran. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMD 200 Universitas Jember diantaranya mengolah lahan yang dimiliki Desa Kabuaran untuk Pawon Urip yang bertepatan pada lahan kantor balai desa. Lahan tersebut ditanami berbagai macam tanaman Hortikultural seperti sawi, cabe, terong, selada, pakcoi, timun, dan tomat.

Dokumentasi Pribadi KKN UMD 200 Universitas Jember

Pawon Urip merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan semangat solidaritas antar masyarakat. Pawon Urip dilaksanakan dengan tujuan untuk mempertahankan ketahanan pangan. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat dalam merawat dan menjaga lingkungan dengan memanfaatkan lahan kosong guna untuk menciptakan keindahan dan menikamati hasil panen tanaman hortikultural. Langkah awal dalam pelaksanaan pawon urip dilakukan dengan sosialisasi kepada masayarakat Kabuaran, pengadaan Pawon Urip setiap desa dan kompetisi Pawon Urip untuk tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Desa Kabuaran merupakan salah satu desa di Kecamatan Kunir yang mengikuti lomba Pawon Urip, dimana pada tahun 2022 Desa Kabuaran menorehkan juara 3 tingkat kecamatan dengan nominasi masyarakat dan balai desa. Sehingga pada tahun 2023 Desa Kabuaran ditunjuk sebagai perwakilan untuk mengikuti perlombaan Pawon Urip tingkat kabupaten. Pelaksanaan kegiatan lomba Pawon Urip Desa Kabuaran pada tahun 2023 dibantu mahasiswa KKN UMD 200  Universitas Jember dalam persiapan kegiatan lomba Pawon Urip serta ikut serta menyukseskannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline