Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD195

Mahasiswa

Strategi Up Selling Produk UMKM di Desa Yosowilangun Lor Melaui Pelatihan Digital - KKN UMD UNEJ 195

Diperbarui: 29 Juli 2023   04:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Proses pengerjaan batik tulis pesanan dari pemerintah daerah)

Yosowilangun Lor merupakan desa yang berada di kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Terdapat tiga dusun di Yosowilangun Lor yaitu dusun Bulaktal, Krajan, dan Jombang. Berdasarkan kondisi geografis, Desa Yosowilangun Lor yang didominasi area persawahan, maka sebagian besar mata pencaharian penduduk di Desa Yosowilangun sebagai petani atau buruh tani, sedangkan sebagian lainnya merupakan pedagang,  pengrajin, dan peternak. Hal ini juga didukung dari data SDGs Desa Yosowilangun Lor 2022 yang menyatakan bahwa dari 6.441 jiwa, 579 orang merupakan buruh tani dan 491 orang adalah pedagang.

Potensi besar yang dimiliki desa ini ialah besarnya jumlah UMKM yang sedang dalam fase pengembangan, dimana UMKM tersebut bergerak diberbagai bidang seperti makanan dan kerajinan. Desa Yosowilangun Lor juga memiliki potensi yang khas di bidang kerajinan dan kesenian, yaitu terdapat tiga tempat produksi batik yang beberapa produknya sudah menembus pasar luar negeri.

Berikut adalah kunjungan kami ke salah satu pengrajin batik yaitu Batik Rangsang di desa Yosowilangun Lor.

Berdasarkan hal tersebut kami mengunjungi beberapa UMKM guna melakukan survey untuk melihat langsung kondisi, perkembangan, dan kendala yang sedang dihadapi para pelaku UMKM di desa Yosowilangun lor. Kami mendapati bahwa branding dan pemasaran produk UMKM masih kurang optimal. 

Kurangnya pemanfaatan media online menjadi salah satu faktor kuat yang dapat kami pertimbangkan untuk membantu menemukan solusi guna menunjang pengembangan UMKM agar dapat mengikuti kemajuan sektor digital yang cukup dinamis, sehingga peluang dan peningkatan aksesibilitas yang tersedia seiring perkembangan digital dapat terserap manfaatnya semaksimal mungkin.

Hal ini membutuhkan perhatian penting mengingat selain kualitas produk, branding dan pemasaran merupakan aspek terpenting dalam dunia bisnis.

Kami juga menyesuaikan kepada tujuan pembangunan berkelanjutan / sustainable development goals (SDGs) poin nomor delapan yaitu, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak. Demi untuk mencapai hal besar di masa depan maka diperlukan perubahan-perubahan kecil yang konsisten dan kontinu untuk membangun pertumbuhan ekonomi yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat desa Yosowilangun lor itu sendiri.

Maka dari itu kami berupaya membantu kemampuan melihat peluang serta manfaat digital di dunia bisnis yang digeluti pelaku UMKM, yaitu dengan memberikan pengenalan dan pelatihan digital marketing beserta beberapa bagian yang tercakup di dalamnya yaitu pembuatan dan  penggunaan profil usaha di berbagai platform digital yang menyediakan akses pemasaran seperti WhatsApp Business, Facebook for Business, Instagram for Business, dan Google Maps. 

Selain itu kami juga mengedukasi dan memberikan pelatihan terkait pengambilan foto dan video produk, juga copywriting guna meningkatkan daya jual produk, serta pelatihan akuntansi menggunakan aplikasi buku kas untuk memudahkan mereka dalam pencatatan keuangan.

Penyelenggaraan program kerja dilaksanakan di dua hari yang berbeda. Yakni pada 27 Juli 2023 dan 02 Agustus 2023. Semua anggota Unej Membangun Desa kelompok 195  diharapkan menguasai semua materi pelatihan agar dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat UMKM dengan maksimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline