Lihat ke Halaman Asli

KKN 194 Slateng

Mahasiswa UNEJ, UDS, ITS Mandala, UPN Veteran

Mengulik Kekayaan Alam di Desa Slateng "Air Terjun Pengantin"

Diperbarui: 30 Juli 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pada hari sabtu tanggal 22 juli 2023, KKN kolaborasi kelompok 194 mengunjungi  salah satu tempat wisata yaltu Air Terjun Pengantin yang terletak di Dusun Sumbergadung, Desa Slateng, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Air Terjun Pengantin memiliki filosofi tersendiri. Dinamakan pengantin karena air terjunnya berjumlah sepasang (dua). Untuk menuju lokasi, ditempuh kurang lebih 1 jam atau 35 km dari pusat kota Jember. Lokasi air terjun sekitar 15 menit jika ditempuh dengan jalan kaki. Akses jalan ke tempat air terjun cukup bagus dan sangat mudah untuk dilaluli.

Airnya sejuk, udaranya segar, dan pemandangan sekitar air terjun sangat memanjakan mata. Tempat wisata alam ini masih terbilang sangat alami. Itu terbukti, dari sumber mata air yang sangat jernih. Pahatan batu alam, terbentuk sangat indah, seakan tidak mau pulang jika sudah sampai di tempat yang satu ini.

Air terjun ini belum terkelola dengan baik sehingga kurang memberikan daya tarik bagi pengunjung. Padahal air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jember. Antusiasme pengelola serta masyarakat dalam mengembangkan wisata Air Terjun Pengantin sebenarnya sangatlah tinggi, akan tetapi kendala dana serta sumber daya manusia membuat pengembangan wisata Air Terjun Pengantin terhambat.

Selain masih terlihat alami, air terjun ini juga punya mitos menguntungkan terkhusus bagi kamu yang masih jomblo. Menurut salah satu warga sebut saja S, sampai saat ini masyarakat sekitar percaya bila berkunjung ke Air Terjun Pengantin ini akan mendapatkan jodoh dan akan menikah. "Warga sekitar sini sangat terbuka bagi siapa saja yang mau datang ke air terjun ini" ujar S salah seorang warga dusun Sumbergadung.

Diharapkan pemerintah dapat membangun fasilitas-fasilitas seperti, petunjuk jalan, anak tangga dan pengangan di Air Terjun Pengantin. Dan untuk masyarakat setempat agar lebih menjaga kelesetarian dan keindahan Air Terjun Pengantin.

Dokumen Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline