Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Kreativitas Anak Sejak Dini, KKNK 182 Lakukan Pengenalan dan Pelatihan Batik Ecoprint

Diperbarui: 13 Agustus 2023   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokumen pribadi

Batik Ecoprint merupakan salah satu jenis batik yang dibuat menggunakan metode pewarnaan alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakkan pada sehelai kain. Jenis kain yang digunakan pada acara tersebut adalah pouch atau kantong kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai benda.

Kegiatan ini melibatkan siswa kelas 4 yang menempuh kurikulum P5 (Program pembentukan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila). Selama kegiatan berlangsung, para siswa terlihat sangat antusias dan menikmati tahap demi tahap pengerjaan batik ecoprint.

"Pelatihan pembuatan batik ecoprint ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas para siswa melalui imajinasi yang mereka miliki, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa SDN 02 Kalisat" ujar pemateri.

Alasan siswa kelas 4 dijadikan sebagai target pelatihan adalah karena pada usia tersebut siswa sudah dapat menangkap dan mengikuti arahan yang diberikan. Pengembangan kreativitas sejak dini dengan pelatihan batik ecoprint dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline