Lihat ke Halaman Asli

Berikan Solusi Lahan Sempit, KKN Kolaboratif 182 Kenalkan Budidaya Ikan Lele dan Sayur dalam Ember

Diperbarui: 1 Agustus 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sempitnya lahan pertanian di Desa Kalisat mengurungkan niat warga untuk mengembangkan komoditas sayuran. Padahal sayuran merupakan salah satu aspek yang dapat menggerakkan perekonomian warga. Selain itu, menanam sayur juga memberikan manfaat berupa nutrisi untuk kebutuhan sehari-hari. Sabtu (29/7) mahasiswa KKN Kolaboratif 182 menawarkan solusi berupa pelatihan Budidaya Ikan Lele dan Sayur Hidroponik dalam Ember. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, ibu PKK, dan seluruh RT/RW yang ada di Desa Kalisat.

Hidroponik merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di Desa Kalisat yang memiliki lahan sempit. Hal tersebut dikarenakan pada budidaya hidroponik ini dapat menghasilkan dua hasil panen sekaligus berupa ikan lele dan sayur". Ujar pemateri.

Menurut peserta pelatihan hidroponik, solusi yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN Kolaboratif 182 sangat efektif karena alat dan bahan berasal dari barang bekas sehingga mudah didapat, terlebih lagi ikan lele dan sayuran tidak membutuhkan perawatan khusus. Peserta yang hadir pada pelatihan hidroponik sangat antusias untuk mencoba langsung merangkai media tanam, bahkan ada beberapa sampel yang dibawa pulang untuk dicoba sendiri di rumah.

"Baru kali ini Mahasiswa KKN melibatkan ibu-ibu PKK di kegiatannya, sebelumnya belum pernah dek" ujar Ketua PKK.

Saat diwawancarai, Ketua PKK sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kolaboratif 182 karena memberikan ilmu yang bermanfaat dan mudah diterapkan di rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline