Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Krandegan

KKN UM Edisi Covid-19

Mahasiswa KKN UM Desa Krandegan Melaksanakan Program Piket Desa dalam Membantu Kegiatan Administrasi Desa

Diperbarui: 19 Juli 2021   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari pertama kegiatan piket desa di Kantor Balai Desa Krandegan, Senin (14/6/2021) - dokpri

Penulis: Tamarin Erningtyas | Editor: Uskuri Lailal Munna

Trenggalek – Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang membantu desa dalam administrasi dengan pengadaan program piket desa di Kantor Balai Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Piket desa merupakan program yang digagas Tim KKN UM Desa Krandegan, yang bertujuan untuk menyalurkan tenaga bantuan yaitu mahasiswa dalam melakukan pelayanan administrasi desa. Selain itu, piket desa diadakan guna mempererat hubungan desa dengan mahasiswa KKN agar terjalin silaturahmi yang baik.

Mahasiswa piket dalam membantu input data dan membantu pengerjaan proposal BUMDes Desa Krandegan - dokpri

Piket desa dilaksanakan setiap 5 hari efektif dalam satu Minggu, yaitu di hari Senin-Jumat mengikuti hari buka Kantor Balai Desa Krandegan. Piket desa mulai dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021 dan akan diakhiri pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021 mengikuti minggu penutupan kegiatan KKN. Piket dilakukan secara bergilir, kegiatan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Dalam pelaksanaan kegiatannya selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi tiap mahasiswa piket, seperti selalu menggunakan masker, membatasi hanya 2 mahasiswa dalam 1 harinya, dan selalu menjaga jarak aman.

Membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi Desa Krandegan bidang administrasi di Kantor Balai Desa - dokpri 

Kegiatan piket desa membantu desa dalam pelayanan yang berkaitan dengan input data administrasi desa, seperti memasukkan data masyarakat pada aplikasi SDGs Desa Krandegan, membuat undangan untuk keperluan JUMANTUK, membantu dalam pengisian data perangkat desa pada website BUMDes, mengisi data administrasi RAB Covid 8% Desa Krandegan, dll. Selain itu, ketika Desa Krandegan melaksanakan kegiatan vaksinasi di hari piket, mahasiswa yang bertugas juga turut serta membantu pencatatan kegiatan vaksinasi warga di Kantor Balai Desa Krandegan bersama puskesmas setempat.

Pengisian SDGs Desa Krandegan untuk input data individu warga desa - dokpri

Bagi pihak desa, kegiatan piket diharapkan dapat membantu perangkat dan karyawan di kantor desa dalam melakukan kegiatan administrasi lebih cepat. Bagi mahasiswa, piket desa dapat digunakan sebagai ajang menambah wawasan baru praktik di lapangan, media silaturahmi dengan perangkat desa tempat pengabdian, dan juga sebagai salah satu bentuk pengabdian tim KKN kepada Desa Krandegan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline