Lihat ke Halaman Asli

KKN 17UNISA

UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA

Kelas Kewirausahaan KKN 17 UNISA Yogyakarta Manfaatkan Limbah Kelapa Sebagai Pot

Diperbarui: 10 September 2023   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN 17 UNISA YOGYA

Input sumber gambar

Salam 3 Plumbon (Minggu, 20 Agustus 2023) - Kelompok Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan kelas kewirausahaan kepada Ibu – Ibu PKK Dukuh Salam 3 terkait pembuatan pot dari bahan batok kelapa dan sepet kelapa (sabut kelapa) pada Minggu (20/23) di Rumah Bapak Dukuh Salam 3, Kalurahan Plumbon, Kepanewon Temon, Kulonprogo. Kegiatan ini di tujukan pada Ibu – Ibu PKK Salam 3 dan dilaksanakan pagi hari pukul 09.00 WIB sampai dengan siang pukul 13.00 WIB.

Banyaknya jumlah sepet kelapa yang berserakan di rumah-rumah warga membuat kami Kelompok KKN Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta ingin memanfaatkannya untuk dijadikan sebuah pot yang dapat digunakan sebagai hiasan dan juga pot. Bahan dasar pot sendiri yaitu sepet kelapa yang sudah tidak asing bagi warga Dukuh Salam 3 dan bahan pot yang selanjutnya yaitu batok kelapa.

Pembuatan pot sangatlah mudah, untuk pembuatan pot yang pertama dengan batok kelapa yaitu dengan cara membelah batok kelapa menjadi dua dipotong dengan gergaji kemudian setelah terpotong amplas bagian luar batok kelapa sampai halus dan beri lubang kecil dibawah pot. Siapkan 4 tali kemudian ikat bawahnya, beri lem korea pada batok kelapa kemudian rekatkan dengan tali. Setelah rekat tali lagi bagian tengah untuk meletakkan pot batok kelapa yang kedua dan kemudian rekatkan, maka pot batok kelapa sudah selesai.

Input sumber gambar

Input sumber gambar

Pembuatan pot selanjutnya yaitu dengan sepet kelapa, sepet di potong menjadi 5 bagian kemudian rapikan bawahnya. Siapkan kawat untuk merekatkan setiap sepet yang sudah dirapikan tadi, setelah 5 bagian direkatkan siapkan 5 tali untuk menggantungkan pot.

Input sumber gambar

Input sumber gambar

Input sumber gambar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline