Lihat ke Halaman Asli

KKN 17UNISA

UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKARTA

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat di Sekolah pada Anak TK PKK Taman Putra

Diperbarui: 5 September 2023   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Plumbon (Rabu, 23 Agustus 2023) - Membentuk perilaku sehat anak dimulai sejak usia dini. Hal ini dikarenakan usia dini merupakan masa Golden Age (Usia keemasan). Masa Golden Age merupakan masa dimana tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni mencapai 80% perkembangan otak. Pada masa usia dini kemampuan memori otak mencapai tingkat maksimal. yang mendapatkan pesan kesehatan yang intens semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk berperilaku sehat di masa mendatang. Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pesan kesehatan yang tidak intens maka perilaku sehat sulit terbentuk. Pendidikan kesehatan pada usia ini adalah peletak dasar bagi pendidikan kesehatan selanjutnya.

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 17 Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta melakukan penyuluhan Pola Hidup Bersih Sehat di TK PKK Taman Putra. Kegiatan Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi TK PKK Taman Putera akan pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat di Sekolah. Penyuluhan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB , target penyuluhan yaitu seluruh siswa TK PKK Taman Putra dari Kelas A dan Kelas B yang di dampingi oleh beberapa Guru.

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Sosialisasi pada siswa diberikan dengan media poster kemudian mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UNISA YOGYAKARTA memberikan penjelasan tentang cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, potong kuku tangan dan kaki, sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur, makan sayur dan buah setiap hari, pemilihan jajanan bersih dan sehat, membuang sampah pada tempat sampah dan Olahraga dengan rutin. 

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Dokumentasi KKN UNISA KEL 17

Setelah kegiatan di dalam kelas, secara mandiri siswa siswi TK mempraktekkan cuci tangan sebelum makan siang.  Setelah kegiatan mencuci tangan siswa diberikan reward berupa hadiah buku dan pensil. Siswa dan Siswi TK PKK Taman Putra tampak antusias dan senang saat diberikan penjelasan mengenai Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat. Ibu guru yang mendampingi turut mengapresiasi apa yang telah dilakukan Mahasiswa KKN UNISA dan pihak sekolah berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan.

Oleh : Siti Rahmawati

DPL : Dinar Mindrati Fardhani, S.P., M.Biotech., Ph.D

KKN Kelompok 17 Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline