Lihat ke Halaman Asli

KKN 179UINSU

mahasiswa

Mahasiswa KKN 179 UIN Sumatera Utara Selenggarakan Penyuluhan di RA Al-Munawwarah

Diperbarui: 11 Agustus 2024   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama dengan Murid- Murid, Guru-Guru Al-RA Munawwarah beserta Orang Tua/dokpri

Pada tanggal 8 Agustus 2024, beberapa mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kelompok 179 UIN Sumatera Utara, yaitu Muthia Khanza Errisya, Siti Kofipah, Salsabila As-Syifa, Rahmat Afandi dan Aliyah Rifdha mengadakan penyuluhan di RA Al-Munawarah, Desa Jaring Halus dengan tema "Warna-warni Buah & Sayuran Bikin Badan Sehat." Acara ini dihadiri oleh anak-anak, para orang tua, guru, serta kepala sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak usia dini dan orang tuanya tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran dalam kehidupan sehari-hari.

Penyuluhan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut disampaikan dengan cara yang menarik dan interaktif. Para mahasiswa KKN menggunakan media visual yang penuh warna, seperti gambar-gambar buah dan sayuran, serta permainan edukatif yang melibatkan para siswa. Anak-anak dan orang tua murid tampak antusias mengikuti kegiatan ini, terutama ketika mereka diajak untuk mengenal berbagai macam warna buah dan sayuran serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Penyuluhan ini mendapat sambutan yang sangat positif dari Kepala Sekolah RA Al-Munawarah, Ibu Nur Aida. Dalam tanggapannya, beliau mengungkapkan, "Terima kasih untuk para mahasiswa KKN UINSU 179 karena telah membuat penyuluhan ini. kegiatan ini juga merupakan program awal dan pertama dari kalian untuk tahun ini. Kami sangat terbuka dan merasa terbantu dengan kegiatan penyuluhan ini. Karena juga di Desa Jaring Halus ini anak-anak susah untuk makan sayur dan buah. Diharapkan kegiatan seperti ini anak-anak tidak hanya belajar tentang pentingnya buah dan sayuran, tetapi juga menikmati proses pembelajaran yang menyenangkan. Dan untuk para orang tua yang hadir juga saya sangat berharap mereka bisa melengkapi menu sehat untuk anak-anaknya seperti sayur dan buah tidak hanya ikan saja. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan untuk menambah wawasan anak-anak kami."

Salah satu orang tua murid juga menyampaikan pendapatnya, “Penyuluhan ini sangat bagus agar anak-anak mengenal sayur dan buah. karena anak ibu juga sangat kurang suka makan sayur. Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami sebagai orang tua jadi lebih termotivasi untuk membiasakan anak-anak mengonsumsi buah dan sayur setiap hari.”

Penyuluhan ini diakhiri dengan pembagian brosur informasi mengenai manfaat buah dan sayur serta pemberian buah-buahan yaitu jeruk dan salak kepada para anak-anak dan orang tua wali murid. Mahasiswa KKN 179 UINSU berharap kegiatan ini dapat membawa perubahan positif dalam pola makan anak-anak RA Al Munawarah di Desa Jaring Halus agar tetap sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline