Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 171: Taman Baca Desa Kertosari

Diperbarui: 29 Agustus 2022   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sejak 23 Juli 2022 lalu, mahasiswa KKN Kolaboratif dari 13 perguruan tinggi mengabdi di seluruh desa di Jember JawaTimur, tak terkecuali Desa Kertosari Kecamatan Pakusari. Program utamanya adalah verifikasi dan validasi (verval) data terpadu kesejahteraaan sosial (DTKS). Sedang program lain, mahasiswa melihat potensi desa.

Dokpri

Dokpri

Walau program verval membutuhkan waktu, tanaga, pikiran dan kesabaran, namun mahasiswa kelompok 171 mampu menyelesaikan program tersebut sesuai target. Mereka juga bisa berkontribusi untuk pemerintah dan warga desa setempat, yakni menghidupkan kembali taman baca yang terbengkalai karena pandemi covid-19.

Dokpri

Dokpri

Taman baca itu sedikit direnovasi agar suasananya lebih nyaman sehingga warga yang berkunjung akan merasa nyaman saat membaca buku. Mereka juga mendatangi ormas, dan karang taruna untuk bersama-sama mengajak warga gemar membaca buku. Tentu, program ini bertujuan untuk menghidupkan kembali taman bac, dan meningkatkan minat baca warga sehingga pada ujungnya  taman baca atau perpustakaan desa itu ramai pengunjung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline