Lihat ke Halaman Asli

Desa Klakah Bersama dengan Mahasiswa KKN UNEJ Menjuarai Lomba Kudapan Bergizi se-Kecamatan

Diperbarui: 18 Agustus 2023   15:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penilaian oleh Tim Penilai/dokpri

Lumajang, 18 Agustus 2023 - Pemerintah Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang menggelar Lomba Cipta Menu Kudapan dari Protein Nabati dan Hewani. Lomba diadakan pada tanggal 10 Agustus 2023 bertempat di Pendopo Kecamatan Klakah. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap desa yang ada di Kecamatan Klakah. Masing-masing desa menyajikan lebih dari satu kudapan yang nantinya akan dinilai oleh tim penilai dan diumumkan juaranya di penghujung acara.

Lomba kudapan ini merupakan inisiatif dari Ibu Arief Mashudi selaku Ibu Camat Klakah dan Ketua TP PKK Kecamatan Klakah, dimana tahun ini merupakan perdana lomba tersebut diadakan di Klakah. Lomba kudapan bergizi ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menurunkan angka stunting di Lumajang. Penanganan dan pencegahan stunting dilakukan dengan pendekatan melalui kreativitas dan inovasi makanan bergizi yang disukai si kecil.

"Opsi makanan bergizi yang dapat dipilih untuk mencegah stunting yaitu dengan memberikan 2 butir telur setiap harinya untuk anak kita. Telur itu sudah mengandung nutrisi yang kompleks, terjangkau, dan mudah didapatkan" Tutur Ibu Arief dalam salam pembukanya.

Ibu Arief Mashudi Menyampaikan Salam Pembuka/dokpri

Kudapan para peserta lomba dihidangkan semenarik mungkin di stand masing-masing yang dihias. Para peserta dari desa-desa yang berada di Kecamatan Klakah antusias dalam memamerkan hasil kerja mereka.

Stand Kudapan Desa Klakah/dokpri

Tak terkecuali dengan Desa Klakah. Perangkat desa Klakah bersama kelompok mahasiswa KKN 170 Universitas Jember bekerja sama dalam mempersiapkan kudapan bergizi yang akan dilombakan. Kelompok KKN 170 Universitas Jember menyumbangkan ide kudapan berupa dimsum yang bahan utamanya terdiri dari ayam, udang, sayuran dan telur. Dimsum terpilih menjadi salah satu menu kudapan dikarenakan mudah untuk dibuat dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, karena ukurannya yang bite-size menjadikannya kudapan praktis yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Kudapan lain yang terhidang di stand Desa Klakah ada rolade tempe, puding susu vanila, smoothies, dll. Ide dan usaha yang dilakukan dari jauh-jauh hari terbayarkan dengan trofi juara 1 untuk Desa Klakah.

Desa Klakah Meraih Juara 1 Lomba Kudapan/dokpri

Perhatian Pemerintah Kecamatan Klakah terhadap kasus stunting melalui lomba kudapan ini patut diapresiasi. Dengan adanya lomba ini, kesadaran akan pentingnya nutrisi dari makanan bisa lebih diperhatikan dan juga meningkatkan kreativitas para ibu di Kecamatan Klakah dalam memberikan makanan bergizi untuk anak-anaknya. Begitu pula untuk kelompok mahasiswa KKN 170 Universitas Jember yang telah berkontribusi dalam perlombaan ini, diharapkan dapat memperkaya ilmu seputar stunting sehingga dapat memberikan dampak nyata dalam penanganan stunting di masyarakat ke depannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline