Lihat ke Halaman Asli

KKN 170 DESA BLIMBING

KKN Kelompok 170 Bersama Universitas Jember Membangun Negeri

Mahasiswa KKN Universitas Jember Berikan Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut ke Anak Sekolah Dasar

Diperbarui: 24 Agustus 2024   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama siswa-siswi SDN 01 Blimbing Sumber : dokumentasi pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Kelompok 170 telah Foto Bersama Murid-murid SDN 01 sosialisasi  di SDN 02 Blimbing pada tanggal 20 Juli 2024 dan SDN 01 Blimbing, Kec. Besuki, Kab. Situbondo pada tanggal 23 Juli 2024. Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak agar mereka dapat mengetahui cara menjaga kesehatan gigi serta menggosok gigi yang baik dan benar.

Sosialisasi dibagi menjadi dua rangkaian yaitu pemaparan materi dan praktik cara menyikat gigi.  Materi yang akan disampaikan berupa kesehatan gigi dan mulut seperti menghitung jumlah gigi, macam-macam penyakit gigi, makanan apa saja yang harus dihindari dan kapan saja waktu menyikat gigi. Selain itu, terdapat sesi tanya jawab serta pembagian doorprize untuk memeriahkan kegiatan.

Sosialisasi juga memperagakan cara menyikat gigi dengan baik dan benar menggunakan alat peraga yang disediakan oleh mahasiswa KKN. Hal ini bertujuan agar pesan-pesan tentang pentingnya kesehatan gigi dapat disampaikan secara menyenangkan dan mudah dicerna oleh para siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik cara menggosok gigi yang dilakukan di luar ruangan dan dilakukan bersama-sama dengan arahan mahasiswa KKN yang memberikan penjelasan terkait teknik menyikat gigi yang benar.

Foto bersama siswa-siswi SDN 02 Blimbing Sumber : dokumentasi pribadi

Angga Nur Cahyanto selaku kepala sekolah SDN 01 Blimbing menyambut baik kegiatan tersebut dan mengapresiasi kerjasama antara sekolah dengan mahasiswa KKN. "Kesehatan gigi dan mulut adalah aspek penting dalam tumbuh kembang anak yang sering kali kurang mendapat perhatian. Dengan keterlibatan mahasiswa KKN, kami mendapat kesempatan untuk menghadirkan informasi dalam merawat gigi dan mulut kepada siswa-siswi." Demikian yang diutarakan oleh Beliau pada wawancara.

Respon positif juga diberikan oleh salah satu wali murid yang melihat kegiatan sosialisasi. "Sebagai orang tua, saya merasa senang melihat anak-anak antusias mengikuti sosialisasi. Saya merasa terbantu atas inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan  seperti ini."

Kegiatan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut ini diharapkan tidak hanya mengedukasi, tetapi juga meningkatkan kesadaran siswa/siswi akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dikalangan anak-anak sejak dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline