Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 169: Kegiatan Posyandu Ibu Hamil dan Balita Desa Pakusari

Diperbarui: 7 Agustus 2023   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Selasa (01/08/2023), pihak bidan desa, kader Desa Pakusari dan Mahasiswa KKN Kolaborasi 169 melakukan kegiatan posyandu pada hari Selasa, 01 Agustus 2023 yang meliputi penimbangan berat badan dan tinggi badan serta imunisasi terhadap balita dan pemeriksaan kandungan terhadap ibu hamil yang bertujuan untuk mencegah serta menjaga kesehatan ibu dan bayi. Kegiatan ini dilakukan setiap 1 bulan sekali yang berlokasi di Desa Pakusari SM 9. Dengan tingkat kehadiran balita dan ibu hamil berkisar 30 orang, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Kegiatan posyandu balita adalah pelayanan kepada balita dan anak agar dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak berupa imunisasi, pemberian makanan tambahan (PMT), dan penyuluhan kesehatan, sedangkan tujuan posyandu yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala guna menjaga kesehatan ibu dan janinnya, agar dapat mencegah dan mengatasi masalah kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat meurunkan angka kecacatan dan kematian baik ibu dan janin.

Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan pada balita yang kemudian dicatat pada Kartu Menuju Sehat (KMS), dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Selain itu Desa Pakusari juga mengupayakan mencegah dan menurunkan angka stunting.

Imunisasi yang dilakukan langsung oleh bidan Desa Pakusari pada balita, sudah terjadwal secara rutin dan tercatat di buku KMS, macam-macam imunisasi yang diberikan oleh posyandu antara lain:

  • BCG untuk mecegah penyakit TBC
  • DPT untuk mencegah penyakit difteri, tetanus
  • Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B (penyakit kuning).

Upaya peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kolaborasi 169 yaitu dengan cara memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau yang sudah dikonsultasikan oleh bidan Desa Pakusari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline