Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD UNEJ 167

Universitas Jember

Kolaborasi KKN 167 dan Desa Selobanteng dalam Lomba 17 Agustus: Merajut Persatuan, Mewujudkan Impian melalui Kegiatan 17 Agustus

Diperbarui: 22 Agustus 2024   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Situbondo - Pada Rabu, 14 Agustus 2024, Mahasiswa KKN UMD UNEJ 167 bersama pemerintah desa Selobanteng melakukan kerja sama untuk mengadakan kegiatan 17 Agustus di desa Selobanteng. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-79 dengan mengadakan serangkaian lomba yang melibatkan seluruh warga desa Selobanteng.

Dari tema yang telah diambil, kegiatan tersebut dapat menyatukan warga Selobanteng dengan suasana yang penuh semangat dan antusiasme yang tinggi. Mulai dari ibu-ibu hingga anak-anak terlibat aktif dalam berbagai lomba yang dilaksanakan, baik secara individu maupun tim. Lomba individu dimulai pada hari Rabu, dengan perlombaan paku botol yang pesertanya diisi oleh anak-anak, sementara ibu-ibu bersaing dalam lomba permainan bola kardus. Setelah itu, dilanjutkan hingga hari Jum'at, di mana anak-anak beradu cepat dalam perlombaan karung helm, dan ibu-ibu yang tetap berlomba kerucut air dan juga beradu kecepatan untuk mengisi air dalam botol hingga penuh. Pada hari Sabtu, perlombaan masih berlanjut dengan antusiasme dari anak-anak yang berpartisipasi dalam lomba cantolan galon, dan ibu-ibu yang juga bersemangat untuk memenangkan lomba sedotan karet yang diadakan secara tim untuk memperkuat kerja sama di antara para peserta.

Kemeriahan perlombaan ini berlangsung di siang hari dengan puncaknya ditutup dengan acara jalan sehat yang dilaksanakan pada Minggu pagi. Sebelum puncak acara ilaksanakan, pada Sabtu pagi, dilaksanakan upacara bendera yang digelar di lapangan Kalianget yang dimulai pada pukul 06.30. Upacara ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa, BPD, dan Mahasiswa KKN sebagai peserta upacara.

Dokumentasi pribadi

Acara yang dilakukan pada Minggu pagi nantinya juga akan menjadi momen perpisahan mahasiswa KKN 167 kepada perangkat desa dan masyarakat Desa Selobanteng. Selain itu, pada acara tersebut juga merupakan penyerahan hadiah kepada para pemenang perlombaan serta pengumuman pemenang undian kupon. Kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan pada hari minggu dimulai pada pukul 07.00. Pembukaan acara dibuka oleh bapak camat Banyuglugur dan didampingi oleh Kepala desa Selobanteng dengan pemotongan pita secara simbolis. Masyarakat desa Selobanteng sangat antusias dengan adanya kegiatan jalan sehat tersebut, dikarenakan banyak hadiah yang dinantikan masyarakat desa Selobanteng terhitung lima puluh lebih hadiah yang disiapkan oleh panitia. Jalan sehat dan pengundian doorprize terlaksana dengan baik. Selain pengundian doorprize, dilaksanakan juga pembagian hadiah bagi para pemenang perlombaan pada hari-hari sebelumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline