Lihat ke Halaman Asli

KKN164UNEJ

Mahasiswa

Optimalisasi Aksesibilitas Wisata, KKN 164 UNEJ Lakukan Plangisasi di Desa Penanggal

Diperbarui: 17 Agustus 2023   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Lumajang, 16/08/2023 -- Di era digitalisai ini, kita diberi kemudahan mengetahui arah untuk mengunjungi suatu tempat dengan mudah menggunakan Google Maps meskipun sebenarnya kita tidak pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya. Namun, tidak semua orang bisa menggunakan Gmaps dengan benar. 

Juga, terkadang arah atau jalan yang ditunjukkan oleh Gmaps tidak bisa akurat seratus persen. Berdasarkan informasi warga sekitar, banyak yang salah jalan ketika ingin mengunjungi pemandian Tirtosari View. "Petunjuk arah ke Tirtosari sangat kurang, banyak pengunjung yang sering salah jalan, tersesat dan dilewatkan di jalan yang jelek" Ucap Ibu Paniyem, warga Penanggal.

Ditambah dengan pengalaman pribadi kelompok KKN 164 yang tersesat saat ingin menuju pemandian Tirtosari View, maka dari itu kelompok kami berinisiatif untuk membuat plang penunjuk arah yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam perjalanan mengunjungi Tirtosari View. Kegiatan ini sekaligus menjadi proker utama KKN 164. Plangisasi sendiri dilakukan pada 15 Agustus 2023 dan diletakkan di lima titik strategis. Tiga titik di Desa Penanggal, yaitu di pertigaan Dusun Wonosari, pertigaan Dusun Kemamang, pertigaan Dusun Krajan, dan dua titik lainnya diletakkan di luar Desa Penanggal, yaitu pertigaan Desa Tambahrejo, dan pertigaan Desa Kloposawit.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Selain plangisasi arah menuju Tirtosari View, kelompok kami juga melakukan plangisasi di pemandian itu sendiri. Karena informasi terkait kedalaman kolam dan beberapa larangan yang seharusnya dibuat agar pengunjung senantiasa berhati-hati dan bersama menjaga kenyamanan pemandian. Terdapat lima plang yang kami pasang di Tirtosari View. 

Untuk yang pertama yaitu plang kedalaman air, terdapat dua plang untuk memberi informasi kedalaman air yang diletakkan di dua kolam. Selanjutnya yaitu plang "Dilarang Memberi Makan Ikan Selain Pelet", hal ini didasari oleh seringnya pengunjung yang melemparkan makanan selain pelet ke kolam ikan koi, perilaku ini dapat menyebabkan kolam menjadi kotor dan seringkali kita jumpai ikan koi banyak yang mati karena perlakuan tersebut. 

Tirtosari View memiliki sumber mata air asli untuk mengisi air kolam, dan tempat mata air tersebut di sakralkan oleh penduduk sekitar, maka dari itu yang terakhir kami berinisiatif untuk membuat dan meletakkan plang "Tempat Sakral" dititik tertentu sebelah kolam underwater di tirtosari view, hal ini bertujuan agar pengunjung tetap berhati-hati dan menjaga kebersihan tempat tersebut.

Dengan adanya pengilmplementasian program kerja plangisasi arah oleh KKN 164 UNEJ ini, diharapkan dapat memudahkan pengunjung dalam perjalanan menuju Tirtosari View. Selain itu, pengunjung juga diharapkan agar bersama berhati-hati dan menjaga kebersihan serta kenyamanan pemandian melalui pemasangan plang kedalaman kolam, himbauan untuk tidak memberi makan ikan sembarangan dan penandaan titik lokasi tempat sakral.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline