Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD Unej Kelompok 163, Menggapai Masa Depan dengan Pelatihan IT Dasar untuk Anak-Anak Desa Ampelan, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso

Diperbarui: 27 Juli 2024   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama di Akhir Kegiatan /dokpri

Ampelan, 26 Juli 2024 --- Kelompok 163 Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMD UNEJ tahun 2024 dengan jumlah anggota 12 orang dan dilaksanakan selama 45 hari ini mengangkat tema "Peningkatan Kualitas Diri & Lingkungan" dengan tagline AMPELAN SEHATI (Sistem Edukasi Hidup Aman, Terbina, dan Informatif).

Kelompok 163 KKN UMD UNEJ (21/07/2024) mengawali program kerja pertamanya yaitu Pelatihan IT Dasar untuk Anak-anak Desa Ampelan. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Ampelan dan melibatkan warga sekitar, terutama anggota Forum Anak Desa dan anak-anak Desa Ampelan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak - anak dari Desa Ampelan dan terlihat para peserta berpartisipasi secara aktif dan menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap pelatihan ini dengan bisa mengikuti semua rangkaian acara dan penyampaian materi dari awal sampai akhir.

Pelatihan IT Dasar ini menggunakan metode peering, di mana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang masing-masing dipandu oleh seorang fasilitator. Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar navigasi pada laptop ber-OS Windows, cara mengetik dan membuat biodata sederhana yang menarik pada Microsoft Word, serta cara membuat slide presentasi yang menarik dengan menambahkan gambar dan animasi menggunakan Microsoft PowerPoint. "Belajar dasar-dasar penggunaan laptop dan IT dasar sangat seru dan bermanfaat" kata Eka pada saat kegiatan Pelatihan IT Dasar berlangsung yang dikutip secara daring, Minggu (21/7/2024)

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang Teknologi Informasi kepada anak-anak Desa Ampelan dalam menunjang pendidikan mereka pada tingkat selanjutnya. Diharapkan anak-anak dapat memperoleh keterampilan digital yang dapat membuka peluang baru dalam pendidikan dan karier di masa depan, serta mengurangi kesenjangan digital antara daerah pedesaan dan perkotaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline