Lihat ke Halaman Asli

KKN 159 Sukorambi

mahasiswa KKN kolaboratif #2 kelompok 159 Sukorambi

Pelepasan KKN Kolaboratif #2 Kelompok 159 ke Desa Sukorambi

Diperbarui: 29 Juli 2023   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Bangku perkuliahan sudah tidak asing lagi dengan program kampus bernama KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang menjadi ketetapan masing masing perguruan tinggi untuk menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa. KKN di tahun 2023 yang terlaksana di Kabupaten Jember memiliki dua jenis, pertama KKN UMD (Universitas Membangun Desa) dan yang kedua KKN Kolaboratif. KKN UMD melakukan penerjunan pada tanggal 12 Juli sedangkan untuk KKN Kolaboratif terlaksana mulai dari 17 Juli hingga 25 Agustus 2023. 

Bupati Jember, Hendy Siswanto diikuti dengan perwakilan rektorat setiap perguruan tinggi hingga jajaran pemimpin daerah melakukan pelepasan sebanyak 3.500 mahasiswa peserta KKN Kolaboratif yang dilaksanakan di alun-alun Kota Jember. KKN Kolaboratif terdiri dari 18 perguruan tinggi yang terlibat, dengan 226 desa sebagai penempatan pengabdian mahasiswa yang disebar secara merata. Mereka akan tinggal di desa tersebut selama 40 hari untuk melakukan pengabdian yang membantu masyarakat dalam menangani permasalahan di desa.

Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember menjadi salah satu tempat pengabdian mahasiswa KKN Kolaboratif. Desa Sukorambi memiliki tiga Dusun, yaitu Dusun Curahdami, Dusun Manggis, dan Dusun Krajan. Pada tiga Dusun tersebut memiliki setiap kelompok yang telah terbagi sesuai plotingan setiap perguruan tinggi, seperti di Dusun Krajan yang terdapat kelompok KKN Kolaboratif 159. Kedatangan di Desa Sukorambi pada 17 Juli 2023 disambut baik oleh Bapak Gaguk Budi Santoso selaku Camat Sukorambi, rangkaian penyambutan mahasiswa KKN Kolaboratif dilaksanakan di kantor Kecamatan Sukorambi. Rangkaian penyambutan yang telah dilaksanakan memberikan izin kepada seluruh kelompok KKN Kolaboratif yang berada di Kecamatan Sukorambi untuk melakukan serangkaian kegiatan yang telah disusun oleh setiap kelompok.

Kelompok KKN Kolaboratif 159 melakukan serangkaian kegiatan silaturahmi dari hari pertama pada perangkat Desa Sukorambi, seperti Kepada Desa, Kepala Dusun, Rukun Warga (RW), hingga Rukun Tetangga (RT) setempat. Kunjungan tersebut disambut baik hingga masyarakat sekitar turut antusias dengan kehadiran kami. Dari silaturahmi tersebut menghasilkan sejumlah pemikiran yang terbuka mengenai berbagai permasalahan hingga harapan masyarakat terhadap pengabdian kami selama 40 hari kedepan. Bisa dikatakan sebuah kegiatan survey terhadap potensi serta kekurangan yang ada di Desa Sukorambi. 

Hal tersebut yang menjadi dasar adanya program kerja, kami memiliki program kerja utama yang terdiri dari tiga tema. Pertama, program kerja pembuatan sabun mandi dengan dasar pembuatan menggunakan bunga mawar yang merupakan potensi sumber daya alam di Desa Sukorambi. Kedua, program kerja stunting, sebagai salah satu wujud dari tema KKN Kolaboratif tahun ini yaitu Sustainable Deveopment Goals (SDGs) di aspek kesehatan. Dan yang ketiga, program kerja edukasi digital marketing sebagai lanjutan dari program kerja pembuatan sabun mandi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline