Lihat ke Halaman Asli

KKN 155 UNEJ

KKN UMD 2023

KKN 155 Unej Andil dalam Kegiatan SOTH Guna Meningkatkan Keterampilan Orangtua dalam Mengasuh Anak

Diperbarui: 13 Agustus 2023   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengisian Materi SOTH Oleh Mahasiswa KKN 155, Sabtu (29/7)-Dokpri

Situbondo-Mahasiswa KKN Kelompok 155 Universitas Jember Tahun 2023 ikut berkontribusi dalam kegiatan SOTH  atau Sekolah Orang Tua Hebat yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan SOTH merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap satu minggu sekali di Desa  Tokelan.

SOTH atau Sekolah Orang Tua Hebat adalah kegiatan yang digalakkan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua mengenai tata cara pengasuhan anak, terutama anak usia balita. Selama kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat peserta akan diberikan materi terkait tata cara mengasuh anak sebagai bekal agar orang tua dapat memberikan yang terbaik ketika mengasuh anak mereka.

Kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat dilaksanakan di pendopo Balai Desa Tokelan dengan penanggung jawab Ibu Sri Idawati selaku ibu Kepala Desa Tokelan. Kegiatan ini diampu oleh 4 orang kader Posyandu, lalu peserta yang hadir adalah orang tua yang memiliki anak usia 0--6 tahun. Akan tetapi, ada yang berbeda pada pertemuan kedua, yaitu kehadiran mahasiswa KKN yang juga ikut berperan secara aktif dalam kegiatan Sekolah Orang Tua Hehat.

Kegiatan SOTH ini akan dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan yang sudah dimulai sejak 22 juli 2023. Posisi mahasiswa KKN 155 UNEJ pada kegiatan ini hanya membantu berjalannya kegiatan dari awal sampai akhir, selain itu mahasiswa KKN 155 UNEJ juga diminta untuk berkolaborasi dalam penyampaian materi.

Selama pelaksanaan kegiatan, kader Posyandu selalu menjadi pemateri, namun pada pertemuan kedua mahasiswa KKN 155 UNEJ diminta untuk membantu dalam pemaparan materi yang berisi tentang Stimulasi Untuk Tumbuh Kembang Anak. Kegiatan dilaksanakan pada jam 15.00 sampai dengan jam 16.00 yang dibagi menjadi 2 sesi. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan materi dari kader kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh mahasiswa KKN 155 UNEJ. 

Materi yang disampaikan oleh mahasiswa berasal dari jurnal mengenai pengasuhan anak, setelah pemaparan materi selesai kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan post test sebagai bahan evaluasi akhir untuk mengukur pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan. Pertemuan ke-3 mahasiswa KKN 155 UNEJ kembai hadir pada pelaksanaan SOTH namun pada pertemuan kali ini mahasiswa KKN UNEJ hanya hadir dan menjadi audiens selama kegiatan berlangsung.

Foto Bersama Peserta SOTH dan Mahasiswa KKN 155, Sabtu (5/8)-Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline